Puluhan Peserta “Aksi Akbar Kembali” di Jalur Gaza Terluka

Beberapa warga Palestinasaat dalam perjalanan besar aksi kembali dari pengungsian menuju tanah asal (Foto: Magal Press)

Gaza, MINA – Puluhan warga pada Jumat (30/3) saat dalam perjalanan “Aksi Akbar Kembali” dari pengungsian menuju tanah asal.

Mereka telah berada di pengungsian sekitar 70 tahun sejak peristiwa yang menyebabkan mereka diusir dari tanah mereka.

Menurut sumber-sumber medis, belasan mengalami cedera tersebar di semua perbatasan Jalur Gaza sejak pagi hari, bahkan salah satu dari mereka mengalami luka yang cukup serius.

Menurut laporan Magal Press yang dikutip MINA, jumlah total korban sejauh ini di perbatasan timur Kota Gaza sekitar 27 cedera. Sebagian besar cedera pada anggota tubuh bagian bawah.

Selain itu, sebanyak 47 orang terluka akibat tembakan tentara Israel di perbatasan timur kamp pengungsi Al-Bureij di Jalur Gaza tengah, selain itu di Rafah juga sejumlah warga mengalami cedera

Tentara Israel telah menyatakan keprihatinan tentang ancaman eksistensial yang ditimbulkan oleh kembalinya para pengungsi Palestina dari tempat tinggal mereka ke wilayah yang diduduki.

Sementara para pemukim ilegal Yahudi Israel di dekat Jalur Gaza juga telah meninggalkan rumah-rumah mereka.

Para pemukim Yahudi tersebut pergi menuju ke kota-kota pusat entitas Israel, menyusul tegangnya situasi keamanan di kawasan permukiman mereka.

Kawasan yang berdekatan dengan pagar keamanan antara Jalur Gaza menjadi tempat konsentrasi demonstrasi massa “Aksi Akbar Kembali” ke tanah asal ini memperingati apa yang disebut hari “Tanah Pengembalian Besar”. (T/B05/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.