PULUHAN RIBU MUSLIM RUSIA PROTES KARTUN NABI

Puluhan ribu massa melakukan reli di jalan-jalan kota Grozny, menentang penerbitan kartun penggambaran Nabi Muhammad, Senin (19/1). (Foto: AP)
Puluhan ribu massa melakukan reli di jalan-jalan kota Grozny, menentang penerbitan kartun penggambaran Nabi Muhammad, Senin (19/1). (Foto: AP)

Grozny, Rusia, 28 Rabi’ul Awwal 1436/19 Januari 2015 (MINA) – Puluhan ribu orang berkumpul di wilayah Chechnya, Rusia, berunjuk rasa menentang majalah satir Perancis , Senin (19/1).

Mereka berbaris melalui jalan-jalan di pusat kota Grozny, ibukota wilayah mayoritas Muslim, melepaskan balon dan membawa poster, Sun Herald melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Pada Jumat (16/1), pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov menulis di akun Instagram resminya, mereka yang membela Charlie Hebdo adalah “musuh pribadinya”, dan berjanji setidaknya 1 juta orang akan bergabung dalam yang disponsori pemerintah di Grozny.

Rusia memiliki penduduk Muslim yang besar dan pernah mengobarkan dua perang yang menghancurkan melawan pemerintah Chechnya pada 1990-an. Pemerintah Rusia menyatakan belasungkawa ke pemerintah Perancis setelah serangan 7 Januari ke kantor majalah, tetapi melarang media lokal mencetak ulang kartun Charlie Hebdo yang menampilkan penggambaran Nabi Muhammad.

Lembaga pengawasan komunikasi Rusia, Roskomnadzor, mengirimkan surat ke beberapa publikasi lokal yang melarang mereka kembali menerbitkan karikatur Perancis, dan menerbitkan peringatan kepada publikasi nasional pada halaman Facebook-nya pekan lalu.

“Roskomnadzor meminta semua media nasional untuk memilih cara lain untuk mengekspresikan solidaritas mereka dengan rekan-rekan Perancis-nya yang tewas secara tragis, bukan mengobarkan ketegangan sektarian di masyarakat Rusia,” kata pernyataan itu.

Menurut kantor berita Rusia, 15.000 orang bergabung dalam demonstrasi serupa di wilayah tetangga Ingushetia pada Sabtu.

Majala Charlie Hebdo telah membuat marah umat Islam dunia setelah menerbitkan kartun karikatur yang menggambarkan Nabi Muhammad pada Rabu (14/1). (T/P001/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0