Qatar Serahkan 1.060 Unit Rumah untuk Tunawisma di Gaza

Foto: PIC
Foto: PIC

Gaza, 7 Rabi’ul Akhir 1437/17 Januari 2016 (MINA) – telah menyerahkan 1.090 unit rumah untuk keluarga di , sebagai tahap pertama dari proyek di daerah terparah yang terkena serangan militer Israel 2014 lalu.

Menteri Perumahan dalam pemerintahan persatuan , Mufeed Hassan mengatakan, Jalur Gaza menderita krisis perumahan yang parah, dengan masih dibutuhkannya 130.000 unit rumah baru bagi warga tunawisma, demikian laporan The Palestinian Information Center (PIC) yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Ahad (17/1).

Hassan menjelaskan, proyek rekonstruksi di kota Hamad sedang dilakukan dengan transparansi penuh serta menunggu finalisasi pembangunan tahapan kedua dan ketiga.

Ketua Komite Qatar untuk pembangunan Gaza Mohamed Emadi mengatakan,”Hari ini adalah tahap pertama dari rekonstruksi kota Hamad, sedangkan 25% pada tahap kedua sudah difinalisasi.”

Serangan Israel pada Juli hingga Agustus telah mengakibatkan syahidnya sedikitnya 2.100 warga Palestina. Sedangkan di sisi Israel, 73 orang tewas.

Diperkirakan, biaya rekontruksi rumah dan infrastruktur yang hancur selama perang mencapai 7 miliar Dolar Amerika (sekitar 70 triliun rupiah). Demikian perkiraan oleh Dewan Ekonomi Palestina yang berbasis di Ramallah untuk Pembangunan dan Rekonstruksi. (T/P008/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.