Qori Indonesia Juara 3 MTQ Internasional di Mekah

Mekah, MINA – Qori Indonesia, Al Hasan Ahmad,  berhasil meraih kategori 15 juz pada Musabaqah Tilawatil Quran () tingkat Internasional di Mekah ke 41 tahun 1441/2019.

Pemenang diumumkan pada penutupan MTQ itu yang berlangsung di halaman Masjidil Haram Mekah Al Mukarramah, Rabu (12/09).

Al Hasan meraih juara ketiga setelah berhasil melewati babak kualifikasi awal dan masuk ke babak kualifikasi akhir yang diikuti 35 peserta, demikian Kemenag yang dikutip MINA pada Jumat (13/9).

MTQ ini diikuti 146 peserta dari 103 negara.

Dengan keberhasilan ini, Al Hasan menerima hadiah dari Pangeran Faishal bin Abdul Aziz sebesar 45.000 riyal setara dengan Rp. 135 juta.

Sedangkan juara satu tingkat 15 juz diraih oleh Abdus Sayyid Sulaiman Sholeh asal Libya dan juara kedua diraih oleh Ahmad Syihabullah dari Bangladesh.

Turut hadir dalam acara itu, Pangeran Faishal bin Abdul Aziz Ali Su’ud selaku Amir Makkah, para perwakilan negara sahabat, dan para undangan.

Hadir pula sebagai tamu kehormatan, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Muhammadiyah Amin yang didampingi Konjen RI di Jeddah, Mohamad Hery Saripudin.

“Musabaqah ini merupakan lomba halafan Al-Quran tertua dan terpandang  di dunia dengan menggunakan teknologi informatika dalam penilaian dan penyelenggaraan lomba.

“Sangat bahagia atas prestasi ini,” tutur Al Hasan. (R/Gun/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)