Rabi Israel Serukan Bantuan Dana untuk Remaja yang Bunuh Wanita Palestina

Tel Aviv, MINA – Empat rabi senior Israel pada Jumat (1/2) menyerukan kepada publik untuk menyumbang dana kepada remaja Yahudi yang dituduh membunuh ibu delapan anak Palestina, Aisha Al-Rabi, tahun lalu.

Dana itu, kata para rabi, akan digunakan untuk membayar proses hukum membela remaja itu.

Seruan itu ditandatangani oleh empat tokoh terkemuka dalam gerakan keagamaan Zionis, antara lain Kepala Ohr Etzion Yeshiva dan mantan anggota Knesset Rabbi Chaim Druckman, mantan kepala rabi pemukiman Kiryat Arba Rabi Dov Lior, mantan Ramat Gan Kepala Rabi Yaakov Ariel, dan Rabi Yehoshua Shapira dari Ramat Gan Yeshiva.

Menurut laporan media-media Israel, keluarga remaja Israel itu juga merilis sebuah video yang meminta masyarakat untuk menyumbang dan membantu membela putra mereka.

Pekan lalu, Jaksa Penuntut Umum Israel mendakwa seorang remaja berusia 16 tahun dengan kasus terhadap dengan cara melemparkan batu ke kendaraan, dan dilakukan dengan sengaja “dalam konteks tindakan teror”.

Menurut dakwaan, serangan itu didasarkan pada motif ideologis rasisme dan permusuhan terhadap orang Arab.

Warga Palestina bernama Aisah Al-Rabi yang berusia 47 tahun meninggal dunia. Sementara suaminya terluka parah ketika seorang pemukim ekstremis Israel melemparkan batu ke kendaraan mereka di dekat pos pemeriksaan Zaatara di Nablus pada 12 Oktober 2018.

Aisah dilarikan ke klinik terdekat oleh suaminya Yaqoub, yang mengendarai mobil pada saat mereka diserang, tetapi dia meninggal karena luka-lukanya. (T/R03/R06)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.