RADIO JERMAN DAN FINLANDIA SIARKAN MUROTAL AL-QUR’AN

radio quran
ilustrasi murottal Al-Quran di radio (gb: wpthm)

Helsinki , 11 Jumadil Awwal 1435/2 Maret 2015 (MINA) – Untuk pertama kalinya, stasiun radio di Jerman dan Finlandia mengumumkan rencana program untuk mengudarakan lantutan murottal ayat suci Al-Qur’an tiap pekan, disertai terjemahan dan tafsirnya untuk membantu orang-orang lebih mengetahui tentang Islam.

“Sangat senang mendengar terjemahan saya akan disiarkan di radio,” kata Prof Jaakko Hämeen-Anttila, yang menerjemahkan Al-Qur’an ke dalam bahasa Finlandia, kepada Radio Yle 1, seperti dilaporkan On Islam dan dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Yang penting adalah bawha Al-Qur’an dibaca secara keseluruhan, dan tidak hanya ayat-ayat yang seakan-akan menunjukkan bahwa Islam identik dengan kekerasan, padahal Islam itu mengandung ajaran kebaikan dan keindahan. Untuk itu, semua bahan sudah sayas siapkan,” tambahnya.

Ia berbicara setelah memutuskan untuk sebuah program bersama studio distrik Pasila dari Perusahaan Broadcasting Finlandia Yle, guna menyiarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an.

Program tersebut adalah seri acara radio yang akan menyiarkan bacaan Al-Qur’an dari halaman ke halaman selama durasi setengah jam.

Setiap pembacaan akan dimulai dengan diskusi antara Imam Anas Hajjar, dan seorang tokoh komunitas Muslim Finlandia, Prof Hämeen-Anttila.

Diskusi tersebut akan mengungkapkan konteks sejarah dan keagamaan dari ayat yang dibacakan.

Menurut Hämeen-Anttila, mereka mendiskusikan segala hal yang berada di antara langit dan bumi pada sesi tersebut, termasuk uraian Al-Quran tentang pedoman bagi laki-laki untuk berakhlak mulia terhadap perempuan.

Selain di Finlandia, program serupa juga akan diluncurkan oleh Radio Deutschland Jerman pada bulan Maret.

Program ini diharapkan dapat membantu warga Jerman dan Finlandia untuk lebih memahami Islam dengan benar. Rencananya, seseorang akan membacakan ayat Al-Qur’an yang akan diikuti dengan tafsir dari ulama Islam.

Yle meminta wakil otoritas Islam di Finlandia untuk membuat program yang disepakati bersama.

“Program ini merupakan langkah penting dalam memahami satu sama lain. Ini merupakan upaya untuk menceritakan kisah Quran dan apa yang dikandungnya, “kata Imam Anas Hajjar.

Ada sekitar 40.000 sampai 45.000 Muslim di antara 5,2 juta penduduk Finlandia. (T/P005/Imt/P4).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0