Raja Belanda Bawa 200 Pengusaha

Raja Belanda Willem-Alexander dan Ratu Maxima (foto istimewa)

Jakarta, MINA – , Willem-Alexander akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada 9-13 Maret 2020. Ia akan membawa hampir 200 pengusaha.

Raja Willem-Alexander akan diterima oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 10 Maret 2020. Pertemuan kedua kepala negara direncanakan akan membahas antara lain kerja sama bilateral di bidang ekonomi dan peningkatan sumber daya manusia.

Menurut keterangan pers Kementerian Luar Negeri RI yang diterima MINA, Jumat (6/3), Raja Willem-Alexander akan mengunjungi Jakarta, Yogyakarta, Palangkaraya, dan Danau Toba. Pada kunjungan nanti, Raja Willem-Alexander akan didampingi oleh Ratu Maxima, tiga menteri.

Kunjungan kenegaraan terakhir Kepala Negara Belanda dilakukan pada tahun 1995 oleh Ratu Beatrix, dan pada saat itu, Willem-Alexander turut mendampingi sebagai Putra Mahkota.

Melalui kunjungan ini, diharapkan terjalin berbagai kesepakatan bisnis, serta kesepakatan antar pemerintah di bidang kesehatan, pengelolaan air, produksi sawit yang berkelanjutan, serta peningkatan peran perempuan dalam perdamaian.

Belanda merupakan investor terbesar di Indonesia dari Eropa serta merupakan mitra dagang terbesar kedua di Eropa.

Memasuki 75 tahun usia Republik Indonesia, hubungan bilateral Indonesia – Belanda terus menguat, saling menghormati dan saling menguntungkan.

Joint Declaration on Comprehensive Partnership antara Presiden RI dan Perdana Menteri Belanda pada tahun 2013 telah memuat secara eksplisit pengakuan moral dan politis Pemerintah Belanda atas Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945. (R/RE/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)