Raja Yordania Tekankan Pentingnya Perjuangan Palestina

, MINA – Yordania Abdullah II menekankan bahwa tetap menjadi agenda utama negaranya dan bahwa Kerajaan itu masih mendukung solusi dua negara yang mengakhiri pendudukan Israel dan mendirikan negara Palestina yang merdeka.

Raja membuat pernyataan dalam sesi pembukaan pertemuan puncak trilateral antara Yordania, Mesir dan Irak di ibu kota Amman yang berfokus pada perluasan kerja sama ekonomi dan komersial antara ketiga negara. Anadolu Agency melaporkan Rabu, (26/8).

“Pertemuan kita hari ini sangat penting mengingat kondisi luar biasa di kawasan dan dunia ini, seiring dengan peristiwa yang bergerak cepat di kawasan kita dan upaya campur tangan asing yang membutuhkan koordinasi dan tindakan bersama yang erat,” katanya.

Dalam pidatonya, Presiden Mesir Abdel-Fattah al-Sisi menegaskan bahwa negaranya berupaya meningkatkan kerja sama dan koordinasi antara ketiga negara untuk menghadapi tantangan tersebut.

Disamping itu, Al-Sisi juga menekankan bahwa ia setuju dengan Raja Abdullah tentang perjuangan Palestina berdasarkan solusi dua negara dan mengatakan itu akan berdampak positif pada seluruh wilayah.

Perdana Menteri Irak Mustafa al-Kadhimi juga mengatakan, kawasan itu tidak membutuhkan lebih banyak perang dan konflik tetapi membutuhkan solidaritas untuk mencapai keamanan dan stabilitas bagi masyarakat di kawasan itu.

Pernyataan terakhir dari KTT tersebut menegaskan sentralitas perjuangan Palestina dan untuk menemukan solusi berdasarkan legitimasi internasional.

Pernyataan tersebut menyatakan, dukungan untuk Mesir dalam mencapai keamanan air dan untuk Irak dalam menjaga keamanan dan kedaulatannya.

Selain itu, KTT trilateral adalah yang ketiga sejak Maret 2019. KTT pertama diadakan di Mesir pada Maret 2019 dan yang kedua diadakan di AS pada September 2019, menurut pernyataan Pengadilan Kerajaan Yordania. (T/Ik/P2)

 

 

Mi’raj News Agency (MINA)