Rakernas II MUI Berakhir, Tegaskan Sikap Mengawal dan Menjaga NKRI

Jakarta, 25 Safar 1438/25 November 2016 (MINA) – Rapat Kerja Nasional ke-II Majelis Ulama Indonesia () telah berakhir dan resmi ditutup oleh Ketua MUI KH Ma’ruf Amin di Hotel Mercure Ancol Jakarta. Kamis (24/11) malam.

“Rakernas secara resmi ditutup. Supaya semua bisa memahami dan masyarakat tahu, bahwa MUI menegaskan kembali sikapnya mengawal dan menjaga kedaulatan NKRI,” ujarnya saat penutupan. Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan.

Berakhirnya Rakerna ke-II ini, menurut Ma’aruf, menjadi bukti bahwa dalam menghadapi situasi permasalahan yang terjadi, komitmen MUI adalah berada di posisi kepemerintahan sah yang dipilih secara konstitusional dan MUI juga tidak memberi peluang adanya upaya pemberhentian kekuasaan yang tidak sesuai konstusi.

“Ini harus dicegah. Jika tidak, akan menimbulkan madarat yang lebih besar. MUI memelihara kesatuan dan persatuan bangsa, supaya tidak terjadi perpecahan dalam kehidupan bangsa Indonesia,” kata Ma’aruf Amin.

Untuk mencegah perpecahan itu, MUI juga bertekad akan menyelenggarakan Dialog Nasional, yang diharapkan dapat dihadiri oleh seluruh elemen masyarakat yang ada di Indonesia, dari kalangan agama, politisi, akademisi, intelektual dan juga kalangan kepemerintahan, tentara, polisi serta semua pihak lainnya.

“Kita akan melakukan rembukan nasional, bagaimana memperkuat kesatuan persatuan bangsa Indonesia. Itulah komitmen kesatuan bangsa yang kita sampaikan dan rekomedasikan dalam Rakernas MUI ke dua ini,” tutupnya. (L/M09/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)