Kemenag: Literasi Zakat Wakaf Masyarakat Masih Perlu Ditingkatkan

Jakarta, MINA – Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama () Kamaruddin Amin menilai, peningkatan masyarakat Indonesia harus menjadi fokus.

Hal ini disampaikan Kamaruddin saat menjadi narasumber pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Amil Nasional () Tahun 2022.

“Indikator makro masyarakat Indonesia tentang zakat ini masih perlu terus kita arus utamakan, masih perlu kita tingkatkan. Kita tahu bahwa zakat di Indonesia ini sesungguhnya ekosistemnya sudah sangat komprehensif sekali,” ujar Kamaruddin di Hotel Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta, Rabu (24/8).

Dia menambahkan, Indonesia memiliki perangkat lengkap untuk meningkatkan literasi zakat, seperti Undang-undang (UU) tentang zakat dan lembaga pengelolaan dan penyaluran zakat. Dengan ekosistem selengkap itu, kata dia, seharusnya literasi dan partisipasi masyarakat sudah sangat tinggi.

“Saya ingin mengambil contoh indikator mikro sederhana saja, perguruan tinggi, misalnya, yang membuka jurusan zakat di perguruan tinggi itu masih sangat terbatas. Seharusnya prodi tentang zakat itu menjadi prodi primadona di negeri ini. Seharusnya, menurut saya, idealnya bahwa jurusan atau prodi zakat wakaf di Indonesia seharusnya menjadi prodi idola, idaman setiap anak-anak kita,” katanya.

Kamaruddin menegaskan, prodi tentang zakat pantas menjadi primadona, sebab potensi zakat di Indonesia begitu besar dan ekosistemnya sudah sangat lengkap.

“Tapi faktanya, anak-anak kita tidak begitu tertarik untuk belajar di prodi zakat ini,” katanya.

“Pertanyaannya adalah mengapa bisa seperti itu? Ini tantangan kita, menurut saya. Di antara sekian banyak tantangan kita adalah bagaimana membuat zakat ini menjadi sebuah profesi yang menarik, profesi yang diminati, bahkan diidolakan oleh anak-anak bangsa kita,” imbuhnya.

Karenanya, kata Kamaruddin, menjadi tantangan bersama untuk meningkatkan literasi zakat wakaf di Indonesia.

“Tantangan kita semua, pemerintah dan juga BAZNAS di seluruh Indonesia adalah bagaimana membangun, meningkatkan literasi anak-anak bangsa ini terhadap zakat,” tegasnya. (L/R2/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.