Rakyat Palestina Serukan Shalat Jumat di Masjid Al Aqsha

Kaum Muslim di halaman (Dok Alaqsa Mosque)

, MINA – Pasukan Nasional dan Islam di pintu masuk Al-Issawiyah kota Al-Quds (Yerusalem Timur) menyerukan semua masjid di sekitar kota tersebut ditutup pada hari Jumat (30/3), agar umat Islam berkumpul menggelar Shalat Jumat di halaman kompleks Masjid Al-Aqsha sebagai protes terhadap rencana Israel mengadakan Festival Paskah Yahudi.

Dalam pernyataannya, faksi-faksi Palestina menyerukan kepada warga Palestina di Al-Quds untuk menuju ke Masjid Al-Aqsha pada hari Jumat, dan mengintensifkan kehadiran mereka di sana menjelang rencana Israel mengadakan Festival Paskah di daerah-daerah Istana Umayyah di selatan dan barat daya Masjid Al-Aqsha.

Dewan di Al-Quds pekan lalu memperingatkan terhadap rencana tersebut. Dewan menegaskan bahwa Istana Umayyah dan semua yang mengelilingi Masjid Al-Aqsha adalah bagian integral dari Wakaf Islam dan murni milik umat Islam, demikian Wafa melaporkan.

Kompleks Masjid Al-Aqsha adalah bagian dari situs-situs umat Islam. Israel telah menandatangani kesepakatan dengan pemerintah Yordania setelah menduduk di Al-Quds pada tahun 1967.

Meski ada perjanjian tersebut, Israel secara teratur mengizinkan pengunjung Yahudi untuk memasuki situs dan melaksanakan ritual keagamaan yang sering di bawah penjagaan bersenjata polisi pendudukan. (T/R03)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.