Ramallah Puji Rencana Spanyol Akui Negara Palestina

Ramallah, MINA – Menteri Luar Negeri Palestina Riyadh Al-Maliki pada Jumat (21/9) mengungkapkan niat Madrid untuk mengakui Palestina secara resmi.

“Kami sangat puas dengan pengumuman baru-baru ini di Spanyol bahwa mereka berencana untuk mengakui Palestina,” kata Al-Maliki, demikian Anadolu melaporkan yang dikutip MINA.

Ia menambahkan, pernyataan baru-baru ini oleh Menteri Luar Negeri Spanyol Josep Borrell sangat menggembirakan.

Borrell pada Rabu (19/9) mengumumkan niat negaranya untuk secara resmi mengakui negara Palestina. Saat ini Madrid sedang menunggu resolusi Uni Eropa dengan suara bulat terkait hal tersebut.

Menurut Borrell, pemerintahnya berencana untuk menetapkan tenggat waktu di mana Uni Eropa harus mencapai konsensus mengenai masalah ini.

Akan tetapi, jika tenggat waktu berlalu tanpa konsensus tercapai, Perdana Menteri Spanyol akan secara sepihak mengakui negara Palestina.

Palestina memulai strategi untuk mencari pengakuan internasional sebagai negara merdeka pada 1988 dengan deklarasi kemerdekaan.

Pada tahun 2009 dan 2010, fase kedua dari strategi ini dimulai, sejumlah ibu kota negara dunia secara resmi mengakui Palestina sebagai sebuah negara.

Pada 2012, Majelis Umum PBB memberikan suara untuk meningkatkan status Palestina di badan dunia menjadi “Negara Pengamat Non-Anggota”. (T/ais/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)