Ratusan Pengungsi dan Migran dari Kapal Aquarius Mendarat di Valencia

, MINA – Setelah terombang-ambing dan perjalanan yang melelahkan di laut Meditarania selama lebih sepekan, yang membawa lebih 600 pengungsi dan akhirnya mendarat di pelabuhan Valencia, Spanyol, Ahad (17/6) pagi.

Kapal Aquarius yang ditolak berlabuh oleh pemerintah Italia dan Malta Ahad pekan lalu telah menjadi pusat badai politik tentang kebijakan migrasi Eropa.

Para pengungsi dan migran tiba di Spanyol dengan total tiga kapal, setelah dua kapal angkatan laut dan penjaga pantai Italia naik ke kapal Aquarius kemudian memindahkan sebanyak 400 orang dari kapal tersebut.

Di pelabuhan Valencia, para migran berjalan perlahan-lahan menuruni tangga kapal, demikian Al Jazeera melaporkan.

Selama lebih dari sepekan, 629 orang di kapal Aquarius – termasuk 100 anak-anak dan tujuh waita hamil – terombang-ambing di laut setelah mereka diselamatkan dalam beberapa operasi di lepas pantai Libya.

Sejak Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez menawarkan pelabuhan yang aman bagi para migran pada hari Senin (11/6), Pemerintah Valencia dengan cepat menerapkan rencana darurat untuk melayani para pengungsi.

“Semua orang kelelahan dan tim benar-benar stres,” kata Til Rummenhohl, Wakil Presiden SOS Mediterranee yang mengoperasikan kapal Aquarius bersama lembaga Doktor Lintas Batas (MSF).

Ia mengatakan, tim telah bekerja selama sepekan dan para migran dilanda kebingungan. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.