Ratusan Ribu Jamaah Idul Adha Padati Masjid Istiqlal

Jakarta, 10 Dzulhijjah 1437/12 September 2016 (MINA) – Ratusan ribu Muslimin jemaah salat memadati Jakarta, Senin (12/9).

Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Prof Dr H Nasaruddin Umar MA mengatakan, jamaah yang datang diperkirakan berjumlah ratusan ribu, melihat hari ini adalah hari raya Idul Adha yang tak semua warganya pergi ke kampung halaman ketika Idul Fitri.

“Masjid Istiqlal itu kapasitasnya sangat besar, mungkin bisa 150.000 orang bahkan bisa lebih yang datang, sekarang Idul Adha, apalagi cuaca sangat cerah,” ujarnya saat ditemui di Masjid Istiqlal Jakarta. Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan.

Masjid Istiqlal Jakarta menjadi salah satu tujuan masyarakat Muslim Indonesia untuk menunaikan ibadah salat Idul Adha 1437 Hijriyah yang jatuh pada hari ini, termasuk ada jemaah yang datang dari luar ibukota.

Salat Idul Adha kali ini tidak dihadiri oleh pemimpin negara seperti salat hari raya yang dilakukan di tahun-tahun sebelumnya. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) berhalangan hadir karena sudah terjadwal salat di Masjid Raya Al-Bantani, Banten, sedangkan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) tugas negara ke Amerika Serikat.

Hadir pula Menteri Pertanian serta Menteri Agraria dan Tataruan yang menggantikan Jokowi/JK, juga hadir perwakilan dari negara-negara tetangga, dan pejabat kepemerintahan.

Pelaksanaan Salat Idul Adha 1437 Hijriyah Masjid Istiqlal Jakarta dengan imam salat dipimpin oleh Wakil Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Syekh Syarifuddin Muhammad, dengan khotib, KH Cholil Nafis, Ketua Komisi Dakwah Majlis Ulama Indonesia (MUI). (L/M09/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.