Ratusan Warga Gaza Shalat Jumat di Masjid Al-Aqsha

aqsha jumat MEMO
Suasana di (Doc MEMO)

Al-Quds, 19 Jumadil Awwal 1437/27 Februari 2016 (MINA) –Sejumlah 200 berhasil masuk ke kompleks dan mengikuti shalat Jumat berjama’ah di Masjid Al-Aqsha Jumat kemarin (26/2).

Al-Bawaba News melaporkan, warga Palestina dari Jalur Gaza itu menuju ke kawasan Al-Quds melalui persimpangan Erez, perbatasan barat-daya Gaza-Al-Quds.

Seorang pejabat di Departemen Perhubungan Palestina mengatakan kepada Ma’an, bahwa 200 jamaah berusia di atas 60 tahun berangkat dari Gaza sejak pagi menuju Masjid Al-Aqsha.

Sumber menambahkan bahwa jamaah akan kembali ke Jalur Gaza setelah shalat Jumat. Mereka bergabung dengan puluhan ribu kaum jamaah lainnya untuk menunaikan shalat Jumat di kiblat pertama Muslimin itu.

Kunjungan pada hari Jumat ke Masjid Al-Aqsha adalah bagian dari kesepakatan yang berlangsung setelah perang Gaza 2014, yang memungkinkan 200 warga Gaza yang berusia di atas 60 untuk menghadiri shalat Jumat di kompleks masjid.

Ketegangan di Al-Aqsa memainkan peran utama dalam mendorong gelombang kerusuhan yang melanda wilayah Palestina yang diduduki pada awal Oktober tahun lalu.

Pada bulan September, Israel memberlakukan pembatasan ketat terhadap warga Palestina yang ingin masuk kompleks masjid, situs paling suci ketiga dalam Islam, yang selama ini dipenuhi oleh turis Yahudi. (T/P4/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.