Rektor: Thailand Perlu Teliti Rahasia Indonesia Jaga Persatuan

Pattani, Thailand Selatan, MINA – Rektor Universitas Fatoni, Thailand Selatan, Ismail Lutfi Japakiya, menilai Indonesia sebagai contoh negara besar yang berhasil mempersatukan beribu-ribu pulau, etnik, suku dan bahasa.

“Akademisi di Thailand perlu melakukan riset serius terkait rahasia tokoh Indonesia mampu mempersatukan bangsanya yang mayoritas beragama Islam. Indonesia adalah negara besar dan saya selalu kagum ketika mengunjungi Indonesia,” kata Ismail Luthfi saat menerima kunjungan 75 peserta Student Mobility Program (SMP) Kementerian Agama RI di kampusnya, Pattani, Kamis (29/11).

“Kami di Thailand ini masih berjuang agar Islam mampu dipahami dan dianut oleh bangsa kami,” ujarnya.

Dikutip dari rilis , Luthfi mengaku selama ini mengajak orang untuk memahami Islam dengan cara damai, hikmah, lemah lembut.

“Dengan cara ini, mulai banyak masyarakat di Thailand yang masuk Islam. Dari tahun ke tahun jumlahnya bertambah,” tuturnya.

Luthfi berterima kasih atas kunjungan civitas akademika PTKIN. Dia menilai, kunjungan seperti ini penting untuk merekatkan persaudaraan dan jalinan kerjasama, terutama untuk menyiapkan para pemuda di masa depan.

Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan Syafriansyah atas nama Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam menyampaikan apresiasi kepada civtas akademika yang selama ini bekerjasama dengan sejumlah PTKIN di Indonesia.

Syafri berharap mahasiswa mampu mengambil banyak pelajaran atas perjuangan Universitas Fatoni dalam mengembangkan perguruan tinggi di Thailand.

“Kita bisa belajar dari kampus ini bagaimana berjuang di tengah-tengah kompleksitas persoalan umat, dan universitas ini berhasil eksis sampai sekarang,” tegas Syafriansyah. (R/R05/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Fauziah Al Hakim

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.