Relawan Bugis Makassar Bantu Warga Terdampak Covid-19 di Kupang

(Foto: Istimewa)

, MINA – Relawan Tho Oghie (RTO) berkeliling Kota Kupang membagikan bantuan Sembako kepada warga terdampak , Ahad (17/5).

Sebanyak 118 paket sembako dibagikan RTO kepada warga Kota Kupang, yang bertempat di Kelurahan Tuak Daun Merah (TDM), BTN Kolhua, Kelurahan Sikumana dan beberapa wilayah lainnya.

Bantuan tersebut juga sampai ke Panti Asuhan Shuffah Alak, di bawah naungan Yayasan Shuffah Hizbullah Al-Fatah Cabang Kupang.

“Bakti sosial yang kami lakukan merupakan hasil swadaya bersama di antara anggota dan warga dari Sulawesi yang berada di Kupang, dan hari ini kami berkeliling menggunakan mobil pribadi dan pick up untuk menyimpan bahan-bahan bantuan,” ujar Keua RTO, Arifin Latif.

Dia menjelaskan, kegiatan ini mengusung tema “Sipakatau, Sipakalebbi, Sipakainge (tidak membeda­ bedakan, menghargai sesama dan saling mengingatkan dalam kebaikan).

Selain kepada warga yang ditemui di jalan, relawan RTO juga membagikan sembako dengan cara dari rumah ke rumah (door to door).

Arifin berharap bantuan tersebut dapat mengurangi beban masyarakat Kota Kupang yang terdampak Covid-19 serta menggugah sesama untuk saling tolong­menolong di tengah pandemi ini.

“Kita sama-sama berdoa pada Tuhan, agar bencana ini segera berakhir,” ungkap Arifin.

RTO merupakan Organisasi yang sebagian besar anggotanya adalah suku yang tinggal dan menetap di Kota Kupang. Namun RTO bersifat fleksibel, beberapa di antara anggotanya berasal dari luar Sulawesi seperti Jawa, Medan, Ator, Rote dan lainnya.

“RTO relawan kaula muda tapi tetap pembina dan penasehat orang tua. Kepanjangan RTO itu Relawan Orang Bugis,” imbuh Arifin.

RTO merupakan salah satu organisasi independent yang berdiri sejak 7 juli 2018. Sejak terbentuk, hasil dari swadaya bersama di antara anggota dan para donatur, kini RTO telah memiliki satu unit ambulans lengkap dengan peralatannya.

Dua tahun sejak berdiri RTO berfokus pada pelayanan antar jemput jenazah maupun orang sakit dan kegiatan keagamaan dan olahraga.(L/B05/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.