Relawan Hilmi Bersihkan Sumur Warga dari Abu Vulkanik Semeru

Lumajang, MINA – Hilal Merah Indonesia () Front Persaudaraan Islam pada Sabtu (25/12) melakukan giat pembersihan sumur milik warga di dusun Kamar A, Sumber Wangi, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, dari debu vulkanik Gunung .

Koordinator lapangan (Korlap) Hilmi untuk misi Semeru, Habib Miqbil Husein Assegaf mengatakan kepada MINA, hingga hari ke 24 pasca erupsi, tim relawan Hilmi masih tetap berada di lokasi bencana untuk membantu masyarakat korban erupsi.

Kebutuhan air untuk warga memang cukup vital. Oleh karenanya, Hilmi mempriorotaskan pembersihan sumur warga agar dapat kembali digunakan sebagai pemenuhan kebutuhan utama mereka.

“Hingga hari ini (Sabtu 25/12) tim Hilmi sudah membersihkan total 4 sumur warga. Adapun personel Hilmi yang saat ini melaksanakan giat sosial, berasal dari Jawa Barat, Malang dan ditambah dari Laskar Gamal,” terang Habib Miqbil.

Habib Miqbil menambahkan, untuk hari Sabtu ini saja, selain pembersihan sumur, tim relawan Hilmi membersihkan total empat rumah dan satu mushala.

Tim relawan juga membagikan sembako dan sejumlah uang dari para donator untuk para warga korban Semeru di Desa tersebut.

Saat ini, sedikitnya ada 25 relawan Hilmi yang masih berada di lapangan. Mereka melakukan rolling (pergantian) dengan para relawan yang lain dari berbagai daerah di Indonesia.

Saat ini yang menjadi prioritas Hilmi ada dua, yaitu program pengadaan dan pendistribusian sembako untuk diberikan kepada masyarakat terdampak. Kedua, program lanjutan pasca evakuasi dan rekonstruksi yaitu menciptakan lapangan kerja mandiri agar masyarakat terdampak bisa kembali bekerja seperti sedia kala.(L/P2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.