Relawan Inggris: Gempa Turkiye-Suriah Beri Efek Jangka Panjang Bagi Mental Anak-Anak

Relawan kemanusiaan mengajak anak-anak terdampak gempa Turkiye-Suriah bermain. (Foto: dok. AN)

Ankara, MINA – Gempa bumi mematikan bulan lalu di Turkiye dan Suriah dapat memiliki efek jangka panjang pada kesehatan mental anak-anak, kata seorang pekerja bantuan Inggris kepada surat kabar Metro.

“Saya bisa pergi, saya bisa naik pesawat di akhir perjalanan ini. Banyak dari keluarga ini tidak bisa, ini adalah hidup mereka,” kata Joe English dari Unicef, Arab News melaporkan.

Dia tiba di Turkiye 10 hari setelah gempa berkekuatan 7,8 pada 6 Februari, dan bekerja dengan anak-anak yang kehilangan rumah keluarga mereka dalam bencana tersebut.

Setelah gempa bumi kedua di bulan Februari, dia pergi ke Suriah utara untuk membantu upaya bantuan kemanusiaan.

Dampak jangka panjang dari gempa bumi pada anak-anak setempat diperparah oleh kerusakan yang disebabkan oleh perang sipil Suriah, kata English.

Dia memuji dorongan bantuan Inggris yang signifikan, memungkinkan organisasi seperti Unicef dengan cepat menggelar bantuan di seluruh Turkiye dan Suriah.

“Kami melakukan apa yang kami bisa untuk menjangkau anak-anak dengan bantuan psikososial, memberi mereka ruang aman untuk bermain, mewarnai dan bersama teman-teman mereka — hanya untuk menjadi anak kecil lagi,” katanya.

“Saya berbicara kepada seorang anak berusia 11 tahun kemarin: Seluruh hidupnya telah diatur dengan latar belakang konflik dan pemindahan ini.” (T/RI-1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)