Restauran Indonesia Pertama di Serbia diresmikan

Beograd,  Rajab 1437/10 April 2016 (MINA) – Sebuah restoran yang mengusung cita rasa Indonesia Indo Food  Restaurant baru-baru ini diresmikan di Beograd, .

Restoran diresmikan Duta Besar RI untuk Republik Serbia Harry R.J. Kandou.  Indo Food  Restaurant merupakan restoran Indonesia pertama di Serbia yang dibuka pertama kali pada 1 Mei 2012 dengan konsep fast food dan kapasitas 4 orang tamu saja. Seiring dengan berjalannya waktu, kapasitas restoran naik menjadi sekitar 20 orang tamu, demikian KBRI melaporkan dalam sebuah pernyataan yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Dengan bermodal potensi kuliner Indonesia yang sangat beragam, Indo Food Restaurant mentrasformasikan potensi tersebut menjadi peluang bisnis. Sajian kuliner Indonesia dianggap telah mengambil hati masyarakat Serbia. Semakin banyaknya masyarakat Serbia yang menjadi pelanggan setia Indo Food Restaurant membuat kapasitas restoran mau tidak mau harus ditambah dan konsep pelayananpun harus ditingkatkan dari konsep fastfood menjadi family-style restaurant.

Berbagai kondisi tersebut membuat Indo Food Restaurant memutuskan untuk lebih mengembangkan bisnisnya. Peningkatan konsep dan kapasitas restoran mengharuskan Indo Food pindah ke lokasi yang lebih strategis dengan kapasitas yang lebih besar. Melihat hal ini, KBRI Beograd ikut memberikan dukungannya. KBRI Beograd langsung terlibat dan membantu Indo Food restaurant mempersiapkan acara pembukaan restoran di lokasi yang baru.

Perpindahan lokasi memberikan peluang bagi Indo Food untuk meningkatkan kapasitasnya menjadi sekitar 80 orang dan mengubah  konsep dari fastfood menjadi fine dining. Walaupun pindahnya lokasi membutuhkan promosi yang lebih gencar, namun dengan bermodal pelanggan setia yang cukup banyak, maka tetap diyakini bahwa langkah ini akan membuahkan hasil di masa depan.

Peresmian lokasi baru dilakukan langsung oleh Duta Besar RI untuk Republik Serbia merangkap Montenegro, Harry R.J. Kandou. Acara pembukaan dihadiri oleh berbagai kalangan masyarakat di Beograd, antara lain korps diplomatik, kalangan media, para Indonesianis di Serbia serta keluarga besar KBRI.

Acara dimulai dengan penampilan tim tari KBRI Beograd dan kemudian dilanjutkan dengan sambutan Duta Besar RI serta pemotongan tumpeng. Pada sambutannya, Duta Besar RI menyampaikan lokasi dan konsep baru merupakan babak baru yang harus ditempuh dengan penuh keseriusan sehingga dapat menghasilkan sukses besar di masa depan.

Dengan berpedoman pada hal tersebut, seluruh tamu undangan dimanjakan dengan sajian soto ayam, nasi goreng, sate ayam, urap, rendang, udang sambal balado dan tentunya tidak melupakan kerupuk.(L/R04/R01)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)