Ribuan Masyarakat Berbondong ke Kanwil Kemenag Aceh Saksikan Gerhana Bulan

Ratusan warga saksikan . Foto: Habibi

Banda , MINA – Untuk menyaksikan secara langsung terjadinya gerhana bulan pada Rabu (31/1) malam, ribuan warga Banda Aceh dan sekitarnya berbondong berdatangan ke halaman Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov Aceh di Jalan Abu Lam U,  No. 9 Banda Aceh.

Ribuan warga tampak antusias dengan membawa keluarga untuk menyaksikan fenomena langka tersebut.

Selain menyaksikan gerhana bulan, warga juga ikut melaksanakan shalat sunat Khusuf/shalat sunat gerhana bulan di halaman Kanwil yang diimami oleh ustaz Ivan Aulia, lc MA dan akan bertindak sebagai khatib Ustaz Dr Saifullah Yunus, Lc MA

Gerhana bulan yang merupakan bukti kekuasaan Allah, dan untuk menyaksikan fenomena tersebut Kanwil menyediakan 10 teleskop.

“Kemenag Aceh menyiapkan 10 teleskop pengamatan di halaman kanwil kemenag Aceh dan terbuka untuk masyarakat umum,” ujar Kakanwil Kemenag Aceh, Drs H M Daud Pakeh yang ikut berbaur bersama warga untuk menyaksikan kejadian tersebut.

Secara rinci pakar Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh, Alfirdaus Putra, S. HI. MH. Menjelaskan waktu terjadinya gerhana bulan tersebut Untuk Wilayah Provinsi Aceh, yaitu pada pukul :Awal penumbral: 17:51:15 WIB, Awal kontak gerhana  : 18:48:16 WIB,  Mulai gerhana total: 19:51:05 WIB, Puncak gerhana total: 20:29:59 WIB, Akhir gerhana total: 21:07:53 WIB, Akhir kontak gerhana: 22:11:41 WIB dan Akhir penumbral: 23:08:27 WIB.(LB04/P3-P1)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.