RIBUAN PENGUNGSI DI YORDANIA KEMBALI KE SURIAH

Pengungsi Suriah di Yordania. (Foto: dok. Petra.gov.jo)
Pengungsi di . (Foto: dok. Petra.gov.jo)

Amman, 23 Dzulhijjah 1436/7 Oktober 2015 (MINA) – LSM Dewan Pengungsi Norwegia (NRC) yang bekerja di Norwegia mengumumkan, terjadi peningkatan jumlah yang kembali ke negaranya yang masih dilanda perang.

Pengumuman Selasa (6/10) mengungkapkan, pemotongan bantuan terhadap pengungsi di kamp penampungan Yordania menjadi alasan utama sekitar 4.000 pengungsi Suriah pulang ke negerinya sejak Agustus lalu.

Pulangnya pengungsi menjadi tren seiring penurunan tajam bantuan makanan, di mana sekitar 229.000 sudah hidup dalam kemiskinan di Yordania.

“Situasi bagi pengungsi Suriah di Yordania telah menjadi semakin genting, termasuk pemotongan bantuan kemanusiaan dan tantangan dalam memperoleh pelayanan dasar,” kata Catherine Osborn, Penasihat Perlindungan NRC di Yordania, kepada The Jerusalem Post yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Sementara Pemerintah Yordania, kat Osborn, seperti semua negara di kawasan itu, telah menyerukan peningkatan dukungan kepada para pengungsi sehingga bisa menanganinya lebih baik.

“Lebih10% dari penduduk Yordania adalah pengungsi Suriah. Jordan membutuhkan dukungan dari masyarakat internasional untuk memenuhi bantuan tingkat dasar,” katanya.

Menurut Osborn, 86 persen dari pengungsi Suriah di Yordania hidup dari bantuan masyarakat setempat dan memperoleh kurang dari AS $ 95 per orang per bulan.

“Mereka tidak mampu menempatkan atap di atas kepala atau makanan di meja mereka,” tambahnya.

Sementara Direktur NRC di Yordania, Petr Kostohryz menyebut kecenderungan pengungsi untuk pulang kampung  itu adalah hal yang mengkhawatirkan.

“Ini adalah  sangat mengkhawatirkan, menunjukkan betapa sulitnya situasi ini bagi banyak keluarga di negara-negara tetangga Suriah,” kata Kostohryz.

“Banyak keluarga melihat ada alternatif lain selain kembali ke Suriah yang dilanda perang, dengan risiko keamanan yang parah, memerlukan perjalanan berbahaya di Laut Mediterania. Ini bukan pilihan, tapi upaya putus asa untuk melindungi keluarga mereka,” katanya.

Lebih empat juta warga Suriah telah melarikan diri ke negara-negara tetangga dan terdaftar oleh Dewan Hak Asasi Manusia PBB. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Comments: 0