Ribuan Warga Brebes Lakukan Aksi Bersihkan Sampah

, MINA – Ribuan warga Kabupaten Brebes Jawa Tengah di 17 kecamatan secara serentak melakukan aksi pungut dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional () yang jatuh hari ini, Sabtu (21/9).

Ribuan warga mulai yang muda hingga tua, bahkan anak-anak, pelajar, bersama TNI-Polri serta segenap unsur Ormas juga elemen masyarakat lainnya, ikut serta melakukan aksi membersihkan sampah di lingkungan jalan, desa serta saluran irigasi dan sungai.

Diketahui, saat ini, sampah khususnya plastik telah menjadi polemik masyarakat global. Kantong plastik menyumbang hampir 50 % sampahk. Menyikapi hal itulah, aksi bersih-bersih massal di Brebes dilakukan.

Selain itu, di Halaman Kantor Urusan Agama (KUA) Brebes juga dilakukan deklarasi Peraturan Bupati (Perbup) No. 57 tahun 2019, tentang pengurangan sampah plastik di Kota Bawang.

Bupati, Hj. Idza Priyanti, SE, MH, memimpin jalannya apel yang diikuti jajaran Forkompinda, para Kepala SKPD, Muspika Brebes, aktivis lingkungan serta pelaku usaha dari Indomaret, Alfamart dan Sarimulya.

Bupati mengajak, untuk ikut menyelamatkan bumi dengan tidak membuang sampah khususnya plastik sembarangan karena sulit terurai.

“Hari Peduli Sampah Nasional dan World up Day, tidak terkait dengan politik atau kepentingan pribadi maupun golongan, tetapi langkah mulia penyelamatan bumi secara global,” ucap Idza.

Ia mengajak untuk bersama-sama berkomitmen menjaga bumi dengan melaksanakan tiga hal, yaitu membuang sampah pada tempatnya, mengurangi penggunaan plastik dan menjaga kebersihan.

Jangka panjang dari Perbup bertujuan untuk mengubah perilaku masyarakat dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan melalui diet plastik.

“Ke depan dengan niat dan ketulusan, diharapkan Brebes dan Indonesia umumnya, tidak ditemui sampah plastik di sembarangan tempat,” tegas Idza. (T/B05/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)