Ribuan Warga Malaysia Mengungsi Akibat Banjir

Kota Bharu, 4 Rabi’ul Akhir 1438/ 3 Januari 2016 (MINA) – Badan darurat di Malaysia, Selasa (3/1), mengerahkan kapal-kapal dan truk untuk menolong ribuan warga yang terdampar akibat yang dipicu hujan lebat di sejumlah negara bagian di wilayah pantai timur.

Banjir yang melanda Negara Bagian Terengganu dan Kelantan memaksa pihak berwenang menutup puluhan sekolah dan menyebabkan jalan ke desa-desa terputus, The Business Times melaporkan.

Wilayah pantai timur Malaysia secara rutin mengalami badai tropis dan hujan lebat selama musim hujan.

Dalam dua hari terakhir di Terengganu, wilayah yang kaya minyak, lebih dari seribu orang telah dievakuasi dari rumah mereka, dan regu Pencari dan Penyelamat (SAR) memprediksi jumlah pengungsi akan meningkat.

Kepala Departemen Pasukan Sipil di Terengganu, Che Adam Abdul Rahman mengatakan, 700 petugas SAR telah dikerahkan di negara bagian itu untuk melaksanakan operasi pencarian dan penyelamatan.

Rahman menyebutkan, upaya evakuasi menghadapi kendala karena banyak jalan pedesaan yang tidak bisa dilalui.

“Kami sekarang telah mengerahkan kapal dan truk untuk mengevakuasi warga ke pusat-pusat bantuan, dan kalau hujan tidak berhenti kami pikir jumlah pengungsi banjir meningkat,” ujar Che Adam.

Laporan berita mengatakan luapan air Sungai Golok, yang terletak di perbatasan antara Malaysia dan Thailand, telah membanjiri Rantau Panjang, sebuah kota sibuk di Kelantan.

Di Kelantan, yang mengalami banjir besar pada Desember 2014, setidaknya 4.906 orang telah mengungsi akibat banjir.

Kepala Departemen Pasukan Sipil Negara Bagian Kelantan, Zainuddin Hussin, mengungkapkan sekitar 1.300 personel dengan 30 kapal dan 23 kendaraan terlibat dalam kegiatan penyelamatan.

“Hujan lebat dan tingkat air di Sungai Golok telah melampaui tingkat bahaya. Beberapa sekolah di negara bagian telah ditutup dan banyak jalan pedesaan ditutup untuk lalu lintas,” ujarnya. (R11/RS1)

 

Sumber-sumber:

Miraj Islamic News Agency/MINA