Ribuan Warga Turki Unjuk Rasa Dukung Rakyat Palestina

Istanbul, MINA – Ribuan berunjuk rasa di Istanbul untuk menunjukkan solidaritas mereka kepada rakyat Palestina, yang awal pekan ini dibantai oleh pasukan Israel di perbatasan Gaza.

Aksi yang diserukan oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan tersebut mengutuk Israel atas pembantaiannya, seorang koresponden AFP mengatakan pada Jumat (18/5).

Kerumunan besar memadati area pertemuan Yenikapi di tepi laut Marmara di bawah slogan “Kutuk Penindasan, Dukung Yerusalem” sebelum Erdogan berpidato.

Demonstran memegang bendera Palestina dan Turki serta meneriakkan slogan-slogan seperti “Yerusalem adalah garis merah kami”, demikian The New Arab melaporkan.

Aksi umum itu berlangsung beberapa jam sebelum pertemuan puncak luar biasa dari Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) yang juga diserukan oleh Erdogan untuk mengecam tindakan Israel dan pemindahan kedutaan Amerika Serikat dari Tel Aviv ke Yerusalem.

“Kami menyerukan kepada dunia dan mengatakan ‘Israel, Amerika dan Zionisme, kalian semua menyeret umat manusia ke dalam kekacauan’,” kata pemrotes Levent Ayaz.

“Dengan izin Allah, Yerusalem adalah milik kami dan merupakan ibu kota Islam selama umat ini (umat Islam) ada,” tambahnya. (T/RI-1/R01)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0