Riyad Maliki Tegaskan Palestina Segera Ajukan Keanggotaan Penuh di PBB

Menlu Riyadh Maliki. (Foto: MEMO)

Ramallah, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) Palestina Dr. Riyad Maliki mengatakan, Selasa (16/1), misi Palestina untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa () akan segera mengajukan permintaan keanggotaan penuh negara Palestina di organisasi internasional itu.

Maliki mengumumkan dalam sebuah pernyataan pers hari ini bahwa permintaan keanggotaan penuh akan segera disampaikan ke Dewan Keamanan PBB, demikian laporan PNN yang dikutip MINA.

Proposal tersebut akan diberi nama setelah terbentuknya koalisi internasional Persatuan untuk Perdamaian, yang berusaha untuk mewujudkan perdamaian di Timur Tengah berdasarkan solusi dua negara.

Pada Senin malam, Dewan Pusat Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) mengeluarkan sejumlah keputusan, termasuk melanjutkan perjalanan diplomatik dan mengajukan keanggotaan ke lembaga-lembaga internasional. Upaya ini termasuk di Majelis Umum PBB (UNGA), di mana saat ini Palestina baru mendapatkan status pengamat.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas juga mengatakan dalam pidatonya di dewan pusat bahwa Palestina akan terus mencari keanggotaan penuh di UNGA berkali-kali sampai mendapat keputusan, bahkan meski setiap hari dicekal Amerika Serikat.(T/R01/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.