ROKET BARU AL QASSAM R 160 GUNCANG HAIFA

, 11 Ramadhan 1435/9 Juli 2014 (MINA) – Roket terbaru R 160 milik sayap militer gerakan perlawanan , Brigade Izzudil al-Qassam  berhasil mencapai wilayah Palestina di Haifa yang dikuasai Israel yang berjarak 150 km dari jalur Gaza, Selasa (8/7) malam waktu setempat.

Al-Qassam lewat beberapa media lokal mengumumkan roket tersebut telah berhasil mengguncangkan Haifa, koresponden MINA di Gaza melaporkan.

Pekikan takbir di Masjid-Masjid menggema di seluruh Gaza, mengumumkan kabar baru tersebut. Pada perang kali ini, Al-Qassam meberikan kejutan-kejutan terhadap penguasa Israel sebagaimana disampaikan sebelumnya dalam pernyataan resmi mereka.

R 160 adalah roket terbaru Al-Qassam. Inisial R pada roket tersebut merujuk pada sosok pejuang Gaza Abdul Aziz Rantisi salah satu pemimpin Hamas yang syahid ditembak oleh pasukan Israel pada Maret 2004.

“Sedangkan angka 160 merupakan jarak tempuh roket,” tutur  koresnponden MINA.

Sementara itu setidaknya empat roket M 75 milik Al-Qassam berhasil mencapai kota Al-Quds. Pekikan takbir dari jamaah menggema dari masjid Al-Aqsha menyambut Roket dari Gaza yang mengenai tanah Palestina yang diduduki Israel itu.

Sejak awal Ramadhan Israel terus meningkatkan serangan terhadap Gaza menggunakan pesawat tempur F-16, Drone dan helikpter apache nya.

Bagian utara Jalur Gaza merupakan daerah  yang terkena intensitas serangan lebih besar di bandingkan wilayah lainnya di Gaza, di mana Israel sejak tiga pekan lalu terus menerus membombardir area kosong di sekitar  sana.

Hingga saat berita ini diturunkan, kementerian Kesehatan mengatakan 17  orang telah meninggal dunia dan  122 lainnya luka- luka dalam  serangan  udara Israel terbaru sejak Selasa dini hari. Selain itu  dentuman bom masih terdengar menggelegar dari berbagai penjuru Gaza dan tidak jarang menggetarkan bangunan RS Indonesia. Saat ini terdapat 19 relawan Indonesia yang sedang menetap di bangunan  itu.

Bahkan selasa, (8/7) malam waktu Gaza, seorang pedagang asongan sekitar 150 meter dari RS Indonesia meninggal akibat serangan rudal Drone (Pesawat Tanpa Awak-red) milik Israel. Rumah Tahfidz Darul Qur’an Indonesia yang digagas Ustadz Yusuf Mansur di Gaza juga menjadi sasaran rudal yang diluncurkan dari pesawat-pesawat  F-16 milik Israel.

Media-media Israel dan Palestina juga memberitakan Netanyahu sudah memerintahkan militernya untuk melaksanakan serangan darat terhadap Gaza.

Sementara jama’ah masjid Al-Aqsa memekikkan takbir setelah roket M75 Pejuang berhasil mencapai Al-Quds. Salah satu roket Hamas, R160 juga berhasil mencapai Haifa 150 km dari Gaza. Israel segera ketakutan dan mengumumkan keadaan bahaya diseluruh tanah jajahan (L/K01/K02/K03/P03/EO2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0