Ruang Makan Halal Dibuka di Universitas New York

New York, MINA – Universitas New York (NYU), Amerika Serikat, telah membuka ruang makan pertamanya yang benar-benar halal, artinya sesuai dengan aturan agama Islam.

Pada 27 Januari, Lipton Dining Hall, di 33 Washington Square West, di Washington Place, menjadi “lokasi makan residensial pertama yang berdedikasi di sebuah universitas besar di Amerika Utara yang disertifikasi pada tingkat tertinggi halal melalui Aliansi Standar Makanan Halal Amerika ( HFSAA),” menurut sebuah pengumuman oleh Pusat Islam di NYU yang dikutip The Villager, Selasa (5/2).

Lembaga sertifikasi halal yang sama, HFSAA, juga memantau dua ruang makan NYU di bagian halal mereka. Salah satunya adalah Kimmel Market Place, di 60 Washington Square South, dan yang lainnya adalah Jasper Kane Café, di 6 MetroTech Center di Brooklyn.

HFSAA memonitor semua makanan dan bahan untuk memastikan tidak ada makanan atau bahan yang dilarang, seperti alkohol atau babi. Organisasi ini juga menyediakan pelatihan untuk staf dan audit rutin fasilitas, dan memiliki pengawas di tempat.

Lipton Dining Hall menyajikan makanan bergaya prasmanan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Fasilitas ini juga memiliki toko kecil yang hanya menjual barang-barang yang bersertifikat halal.

“Ruang Makan Lipton adalah tonggak sejarah bagi komunitas kami,” kata imam ICNYU, Khalid Latif, dalam pengumuman itu. “Saya pribadi mendapat hak istimewa untuk menghadiri peluncuran aula … dan selain menyajikan makanan yang luar biasa, ruang itu sendiri ditata dengan indah.”

Seiring dengan lebih banyak pilihan makan halal di NYU, semakin banyak pilihan makanan halal di Greenwich Village yang berdekatan.

Tentu saja ada gerobak-gerobak makanan halal: Lima puluh tujuh persen dari penjual makanan kota adalah Muslim, menurut Muslims for American Progress. Dan di MacDougal St., antara Bleecker dan W. Third Sts., Ada Kati Roll Company, Mint Masala, dan Burgers by Honest Chops. Tempat burger didirikan bersama oleh Imam Latif, bersama dengan Honest Chops Butchery di East Village. (T/R11/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)