Rumah Makan Gratis “Sedekah Makan Ridho Allah” di Bandar Lampung

Makan Ridho Allah untuk fakir miskin, kaum dhuafa, pengemis, pemulung dan orang yang membutuhkan yang berlokasi di Pasar Mandiri Way kandis Bandar .

 

Bandar Lampung, MINA – Dua ibu rumah tangga, Lidya Ade Hamdi dan Belly Hamdi serta seorang karyawan swasta, Diah Ismaya, membuka rumah “Sedekah Makan (SM) Ridho Allah” di Pasar Mandiri Way, Kandis, Bandar Lampung, yang ditujukan pada kaum duafa, fakir miskin dan lain-lain.

Warung makan gratis yang dibuka Senin-Jumat pukul 07.00 ini didirikan atas dasar Firmah Allah QS. Al-Hadid dan Al-Ma’un.

“Di dalam QS Al-Ma’un ditegaskan bahwa kita harus mengajak dan memberi makan fakir miskin. Nah titik point nya d isitu,” ujar salah satu founder SM Ridho Allah, Lidya Ade Hamdi saat ditemui MINA, Rabu (29/11).

Menurutnya, kegiatan ini menjadikan mereka semakin bersyukur dan sadar bahwa ternyata keadaan mereka jauh lebih baik.

Ia juga mengatakan, masyarakat yang datang ke tempat tersebut pun sangat senang. Inilah yang menjadi kebahagian tersendiri bagi mereka dan memotivasi mereka untuk tetap istiqomah.

“Bahagia yang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata, begitu kita melihat saudara kita yang memang membutuhkan. Walau dengan lauk yang sederhana mereka sampai berterimakasih bahkan sampai panjang mendoakan kita,” katanya.

Meski menurutnya, terkadang ada kendala yang datang namun tidak membuat mereka berhenti. Karena mereka yakin Allah akan selalu membantu.

“Alhamdulillah Allah kasih jalan. Kita butuh tempat, Allah kirim orang yang menyiapkan tempat. Kita repot, Allah temukan dengan orang yang mau bantu masak. Semua sudah Allah siapkan kita tinggal berani jalanin,” ujar Lidya.

Oleh karena itu ia berharap, kegiatan ini dapat terus berjalan dan bisa membuka cabang di tempat lain serta menjadi ispirasi bagi masyarakat lain yang lebih mampu.

“Kalau mereka meniru apa yang kita lakukan di sini kita dapat pahalanya juga. Saya berharapnya sampai saya tutup usia saya tetap bisa menjalankan program ini. Syukur-syukur diterusin sama anak-anak saya,” katanya.

Sementara itu, salah seorang pemilik lahan, Tri Sumitro mengaku sangat mendukung kegiatan tersebut bahkan ia membiarkan tempat tersebut dipakai tanpa harus menyewa selama kegiatan itu masih berjalan.

“Saya ingin bermanfaat. Menurut keyakinan saya, kebaikan yang kita lakukan sekecil apapun akan menjadi bekal kita di kemudian hari,” ujarnya.

SM Ridho Allah sudah berjalan sejak 2016 namun sempat vakum dan baru berjalan lagi pada tanggal 20 November 2016.

SM Ridho Allah diperuntukan bagi fakir, miskin, kaum Dhuafa, petugas parkir, petugas kebersihan jalan, pengemis, pemulung, supir angkot, tukang ojek dan siapapun yang membutuhkan.

Bagi masyarakat yang ingin memberikan donasi bisa dikirim ke Rek. BCA 890-5207-888 an. Diah Ismayana atau datang langsung ke Pasar Mandiri Way Kandis Bandar Lampung. Tidak hanya uang, SM Ridho Allah juga menerima bantuan sembako. (L/ism/B01/P1)

Mi’raj New Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.