Rusia Akan Balas Jerman Karena Usir Dua Diplomatnya

Moskow, MINA – akan membalas akibat mengusir dua diplomatnya, Kementerian Luar Negeri Rusia pada Rabu, seperti dikutip dari AA, Kamis (16/12).

“Keputusan Berlin ‘tidak bersahabat’ dan Rusia akan segera memberikan respons sepadan,” kata juru bicara Maria Zakharova dalam sebuah posting di Telegram.

Dia menambahkan, Moskow akan segera mengeluarkan pernyataan tentang masalah ini.

Pengadilan Jerman pada Rabu memvonis seorang warga Rusia dengan hukuman penjara seumur hidup atas kasus “pembunuhan yang dilakukan oleh negara” terhadap seorang pencari suaka Chechnya pada 2019.

Pengadilan Tinggi Berlin memutuskan bahwa Vadim Nikolaevich Krasikov yang berusia 56 tahun melakukan pembunuhan di Berlin atas perintah yang dia terima dari “badan-badan negara pemerintah pusat Rusia.”

Korbannya, Zelimkhan Khangoshvili, adalah warga negara Georgia etnis Chechnya yang berperang melawan pasukan Rusia di Chechnya pada awal 2000-an.

Sergej Netschajew, Duta Besar Rusia untuk Jerman, membantah tuduhan itu dan mengatakan keputusan pengadilan itu “bermotif politik.”

Tetapi Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock mengatakan bahwa mereka mengumumkan dua Kedutaan Besar Rusia di Berlin “persona non grata” setelah putusan pengadilan.

“Pembunuhan yang direncanakan negara ini – sebagaimana ditentukan oleh pengadilan hari ini – merupakan pelanggaran serius terhadap hukum Jerman dan kedaulatan Jerman,” kata Baerbock dalam sebuah pernyataan.(T/RS3/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Bahron Ansori

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.