“Sambai Oen Peugaga”, Menu Berbuka Yang Menyimpan Segudang Kasiat

Banda , MINA – Provinsi Aceh memang dikenal dengan beragam kuliner khas, tak terkecuali saat bulan suci . Salah satunya adalah . Makanan khas tradisi Aceh itu merupakan racikan lalapan yang terdiri dari 44 dedaunan.

Sambai Oen Peugaga atau sambal daun pegagan merupakan sajian kuliner khas Tanah Rencong warisan nenek moyang masyarakat Aceh. Meski dibilang ‘Sambal’ namun sajian oen peugaga pada dasarnya lebih menyerupai panganan urap.

Tidak sulit mencari bahan baku Sambai Oen Peugaga lantaran bahan baku utama yang mendasari sajian makanan, sementara sisanya merupakan daun-daun campuran dari tanaman kebun yang iris tipis selanjutnya di aduk hingga menyerupai benang halus.

Daun-daun yang diracik dalam resep Sambai Oen Peugaga antara lain daun tapak lembar, kemangi, daun jambu, daun mangga, daun ubi-ubian, dan beberapa kelopak bunga seperti bunga kana merah.

Seperti di jalan Garuda, Pasar Aceh, kota Banda Aceh, hampir disetiap sudat pedagang menjual paganan oen peugaga, bahkan dari semua penganan berbuka puasa, sambal daun peugaga lebih ramai diminati para pembeli.

Aisyah, salah seorang pedagang mengaku diantara dagangannya, Sambai Oen Peugaga emang paling laris, meski lebih banyak diminati orang tua, namun panganan ini paling cepat habis.

Menurutnya, Sambai Oen Peugaga biasa dijadikan sebagai teman santap nasi untuk memperkaya rasa gurih dan pedas layaknya urap kering, racikan dedaunan itu sedikit sepat dan sarat akan serat ketika dikunyah di dalam mulut.

“Biasanya disantap dengan nasi, tapi ada juga yang makan langsung, kasiatnya juga bagus,” kata Aisyah.

Kehadiran menu tradisional ini menjadi keunikan tersendiri sekaligus memperkaya khazanah kuliner di Bumi Serambi Mekkah, minat warga untuk membeli santapan berbuka itu terbilang tingg. Jauh sebelum azan magrib berkumandang, gunungan daun yang tersaji di atas nampan besar tempat Aisyah berjualan ini sudah ludes dibeli warga.

Namun tentu bukan hanya sekedar menyantap sajian makanan ini, khasiat dari pegagan dan daun-daun campuran yang ada di dalamnya juga terbukti ampuh mengatasi berbagai macam penyakit, seperti darah manis (diabetes), kolesterol, dan masuk angin. (L/AP/P1 )

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.