Sambut Ramadhan, Wapres: Umat Islam Perkuat Solidaritas dan Persaudaraan

 

Jakarta, MINA – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin berpesan kepada segenap umat Islam dalam menyambut bulan suci dengan memperkuat solidaritas dan  persaudaraan.

“Saat ini umat Islam di seluruh dunia, tengah diselimuti kegembiraan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah. Selama 1 bulan ke depan, umat Islam akan menjalankan ibadah puasa yang diakhiri dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri,” pesan Wapres dalam tayangan video ucapan menyambut Ramadhan 1443 Hijriah, Sabtu (02/04).

Kepada segenap umat Islam di seluruh tanah air, Wakil Presiden  berpesan agar menjadikan Ramadhan sebagai momentum untuk menguatkan solidaritas kemanusiaan dan persaudaraan. Terlebih saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19.

“Bulan ini  merupakan momentum bagi umat Islam untuk melakukan penguatan solidaritas kemanusiaan serta momentum untuk memperkuat ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah insaniyah,” katanya.

Tidak hanya itu, Wapres juga mengajak seluruh umat Islam Indonesia agar menjadikan Ramadhan sebagai syahr as-shadaqah atau bulan untuk memperbanyak sedekah termasuk juga mengeluarkan zakat maal.

“Jangan menjadikan bulan Ramadhan sebagai bulan yang lebih konsumtif tapi bulan keprihatinan,” pesannya.

Lebih jauh, Wapres menuturkan bahwa berpuasa di bulan Ramadhan bukan sekedar menahan diri dari makan dan minum. Namun lebih dari itu, di dalamnya terkandung makna tentang penghambaan kepada Allah, keteladanan Rasulullah, pengorbanan, dan keikhlasan.

“Puasa adalah ibadah yang tidak terlihat, yang hanya diketahui oleh diri yang berpuasa sendiri dan Allah SWT,” ungkapnya.

Untuk itu, kata Wapres, saat berpuasa adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah.

“Sekaligus melakukan muhasabah atau introspeksi diri untuk menjernihkan hati dan pikiran,” imbuhnya.

Kemudian, seiring dengan semakin membaiknya kondisi pandemi Covid-19 dan mulai normalnya kehidupan keberagamaan yang sebelumnya turut terdampak pandemi, Wapres berharap umat Islam tetap memperbanyak ibadah sebagai upaya batiniah melindungi diri dari wabah Covid-19.

“Umat Islam agar semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan memperbanyak ibadah, taubat, istighfar, dzikir, membaca shalawat, dan sedekah, serta berdoa kepada Allah SWT agar diberikan perlindungan, inayah, dan keselamatan dari musibah dan marabahaya, dalam rangka menolak bala, khususnya dari pandemi Covid-19,” tuturnya.

Terakhir, kepada umat Islam di seluruh Indonesia, Wapres pun mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa pada bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah.

“Semoga segala amalan yang kita lakukan dapat semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT,” doanya. (R5/P1)