Satgas TNI Konga Kenalkan Budaya Indonesia ke Siswa Lebanon

Satgas TNI Konga mengenalkan budaya Indonesia ke siswa Lebanon. (dok. Puspen TNI)

Beirut, MINA – Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBPP) RI Untuk H.E. Hajriyanto Y. Thohari beserta 50 siswa setingkat sekolah menengah atas di Lebanon mengikuti kegiatan open ship di KRI Sultan Hasanuddin-366 di Dermaga Beirut, Kamis (21/3).

Kegiatan Open Ship KRI Sultan Hasanuddin-366 dilaksanakan oleh Satuan Tugas Maritim Task Force (MTF) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-K/United Nations Interim Forces in Lebanon (UNIFIL) bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beirut untuk Lebanon.

Para siswa saat berada di KRI diajak berkeliling kapal dan menerima penjelasan dari perwira kapal saat melihat ruang dan fasilitas kapal perang. Selain itu secara langsung melihat berbagai peralatan yang dimiliki oleh KRI serta naik ke dalam helikopter Dauphin AS-365 N3.

Komandan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-K/UNIFIL Letkol Laut (P) Cecep Hidayat menyampaikan bahwa selama berada di kapal dilaksanakan kegiatan penyampaian informasi tentang kebudayaan Indonesia dan destinasi wisatanya serta gambaran mengenai TNI Angkatan Laut.

“Selain itu juga disampaikan secara singkat gambaran TNI Angkatan Laut  dan penjelasan KRI Sultan Hasanuddin-366 dalam melaksanakan tugas Satgas Maritim TNI Kontingen Garuda XXVIII-K/UNIFIL,” katanya.

Ia mengatakan, rombongan siswa sangat antusias pada saat penampilan pentas kesenian budaya oleh prajurit Satgas diantaranya tari Jaranan, Brambangan Cakil, Rampak Gendang yang diiringi oleh oleh Melody Garuda band.

“Pertunjukan pentas seni ini merupakan salah satu misi diplomasi untuk memperkenalkan dan mempromosikan ,” ujarnya.

Tak lupa, ia menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan kehadiran Dubes RI untuk Lebanon serta siswa sekolah di Beirut. Kunjungan ini suatu kebanggaan untuk memperkenalkan tentang misi tugas di MTF sekaligus berkesempatan memperkenalkan Indonesia dan kebudayaannya, tambahnya

“Ini merupakan suatu kegiatan yang sangat baik dalam rangka meningkatkan persahabatan. Indonesia khususnya, Kedutaan Besar Republik Indonesia yang ada di Beirut dan juga Satgas MTF dengan masyarakat umum yang ada di Lebanon,” katanya.

Satgas MTF TNI Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-K/UNIFIL bertugas sebagai pasukan pemeliharaan perdamaian dunia di bawah naungan PBB selama satu tahun di wilayah perairan Lebanon dengan menggunakan KRI Sultan Hasanuddin-366 dan Heli Dauphin AS-365 N3. (T/R06/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.