Saudi Adakan Simposium Media Digital Untuk Pesan Perdamaian

(Dok Gazette)

 

Jeddah – Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi di Makkah mengadakan dua hari tentang penggunaan untuk mempromosikan pesan-pesan perdamaian Islam.

“Kita harus memainkan peran penting dalam mempromosikan perdamaian dan memahami nilai-nilai agama Islam yang sejati. Media digital ini juga dapat digunakan secara efektif selama musim haji yang melambangkan cinta, kedamaian, kesetaraan, keadilan dan persaudaraan,” demikian kesimpulan simposium,  Saudi Gazette melaporkan Selasa (29/8).

Para ahli mempresentasikan fenomena menarik di kawasan Jazirah Arab mengenai kemunculan media sosial dan kebutuhan akan penggunaannya secara efektif untuk mempromosikan nilai-nilai perdamaian Islam yang sejati selama haji.

Prof. Khalid Faisal Al-Faram dari studi media dan politik di Universitas Imam Muhammad Bin Saud di Riyadh mengatakan bahwa media digital dapat lebih menguntungkan jika berpegang pada prinsip-prinsip nilai-nilai Islam.

Yasser Abdulaziz, jurnalis Mesir yang telah bekerja dengan banyak raksasa media termasuk BBC, mengatakan, media digital mempengaruhi perilaku masyarakat individu yang perlu dipertimbangkan secara serius.

Dia juga mengatakan dampak digital berkembang pesat dan inilah saatnya untuk merumuskan strategi baru untuk mencapai tujuan perdamaian Islam.

“Perang 4G terjadi melalui media sosial untuk menghasut orang terhadap kekerasan dan demonstrasi, juga menarik seseorang terhadap terorisme dan melepaskan perdamaian,” ujarnya.

Khairuddin Hamantosh dari Bosnia mengatakan bahwa haji adalah ibadah massal utama umat Islam, di mana pesan perdamaian dapat disebarluaskan melalui teknologi maju.

Najia Guemou dari Universitas Konstantinus di Aljazair menyebutkan, ritual haji dapat dijelaskan kepada para peziarah dengan sangat sederhana melalui bahasa mereka sendiri dengan bantuan media digital.

Media digital baru, katanya, telah mengubah perilaku orang-orang terhadap masyarakat, dan media tradisional tidak lagi memegang monopoli atas konten tersebut.

“Seorang individu bukan sekadar penonton tapi secara aktif memusatkan sebagian konten di media digital,” katanya.

Dia menambahkan, media digital dapat digunakan secara efektif untuk mempromosikan kedamaian dan nilai-nilai sejati prinsip-prinsip Islam.

Kepala Kepresidenan Dua Masjid Suci Syaikh Abdulrahman Al-Sudais pada sambutan pembukaan mendesak pertemuan tersebut untuk mempersiapkan sebuah ensiklopedia tentang perdamaian dalam Islam dalam semua bahasa.

Dia juga mengatakan bahwa haji adalah kesempatan untuk menyebarkan semangat kedamaian.

Simposium tersebut dibuka resmi oleh Muhammad bin Saleh Bantan, Menteri Haji dan Umroh Arab Saudi. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

http://saudigazette.com.sa/article/516142/SAUDI-ARABIA/Digital-media

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.