Saudi-Meksiko Tanda Tangani 9 Pakta Kerja Sama

Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman menerima penghargaan kehormatan tertinggi Meksiko kehormatan, The Aztec Eagle, dari Presiden Enrique Pena Nieto (Foto: SPA)
Penjaga Dua Masjid Suci menerima penghargaan kehormatan tertinggi , Order of the Aztec Eagle, dari Presiden Enrique Pena Nieto. (Foto: SPA)

Riyadh, 8 Rabi’ul Akhir 1437/18 Januari 2016 (MINA) – Pemerintah Arab dan Meksiko menandatangani sembilan kerja sama, nota kesepahaman (MoU), dan sejumlah program kerja sama teknis lainnya.

Kesepakatan kerja sama itu secara resmi ditandatangani oleh pejabat terkait dari kedua negara di hadapan Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman dan Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto di Ibu Kota Riyadh, Ahad (17/1) waktu setempat.

Mengutip Saudi Gazette, Senin (18/1), perjanjian yang disepakati mencakup kerja sama di bidang keamanan untuk memerangi kejahatan transnasional di wilayah kedua negara dan perjanjian penghindaran pajak berganda dan pencegahan penggelapan pajak.

Di samping itu, Riyad dan Mexico City juga menyepakati Perjanjian Layanan Udara dan kesepakatan umum di bidang ekonomi, perdagangan, investasi, pendidikan, ilmiah, teknis, kepemudaan, dan olahraga, seperti dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) dari Arab News.

Adapun nota kesepahaman (MoU) yang disetujui yaitu mencakup bidang pariwisata, energi, pendidikan tinggi, dan penelitian ilmiah, serta kerja sama antara lembaga Dana Saudi untuk Pembangunan (SFD) dan Bank Nasional Meksiko untuk Perdagangan Luar Negeri.

Sementara program kerja sama teknis yang ditandatangani meliputi bidang spesifikasi, standar, dan kualitas.

Penghargaan

Dalam lawatannya ke Saudi, Presiden Pena Nieto menganugerahkan tanda kehormatan tertinggi Meksiko, Order of the Aztec Eagle, kepada Raja Salman, yang disebut berjasa mempromosikan hubungan bilateral dan perbuatan mulia kepada umat manusia secara umum.

Order of the Aztec Eagle adalah pengakuan Meksiko yang tertinggi diberikan kepada para kepala negara non-Meksiko atas jasa mereka terhadap Meksiko dan kerana berjasa kepada kemanusiaan,” kata Duta Besar Meksiko Arturo Trejo.

Sementara di kesempatan yang sama, Raja Salman membalas sikap bersahabat Meksiko dengan menganugerahkan King Abdulaziz Medal kepada Pena Nieto dalam sebuah upacara di Istana Al-Yamamah. (T/P022/mar/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.