Sebanyak 1.350 Murid SMP/MTs di Padang Ikuti Lomba Juz ‘Amma

, 21 Rajab 1438/18 April 2017 (MINA) – Pemerintah Kota Padang menggelar lomba Tahfiz Juz 30 (Juz ‘Amma) antar SMP/MTs se-Kota Padang, dalam rangka membumikan Alquran di kalangan generasi muda.

Lomba yang diikuti sebanyak 1350 peserta dari 45 SMP/Mts se-Kota Padang itu berlangsung dari Senin-Jumat (17-21/4) di halaman Kantor Balaikota Padang. Demikian siaran pers Humas Kota Padang yang diterima MINA, Selasa (18/4).

Walikota diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Bambang Sutrisno berharap, melalui Lomba Hafalan Juz ‘Amma tersebut semakin memotivasi generasi muda untuk lebih serius menghafal Alquran, di samping mampu membaca kitab suci tersebut dengan baik dan benar.

“Kita menginginkan, seluruh generasi muda yang muslim di kota ini mampu membaca Alquran dengan baik dan benar. Kemudian juga bisa menghafal dan mengamalkan maknanya,” sebut Bambang kepada wartawan sesuai membuka lomba yang ditandai dengan pemukulan bedug itu, Senin (17/4)

Dikatakan, lomba tersebut merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Padang dalam rangka menegaskan Padang sebagai kota yang religius.

“Sehingga dengan itu diharapkan, akan mampu menumbuhkan kepedulian semua pihak untuk senantiasa membumikan Alquran dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Kepala Bagian Kesra Setda Kota Padang Jamilus selaku panitia pelaksana lomba menyebutkan, tujuan utama lomba tersebut yaitu untuk memotivasi anak didik di Kota Padang agar terus membumikan Alquran dengan menjadikan Juz ‘Amma sebagai hafalan utama. Selain itu, juga mendidik siswa untuk selalu menganggungkan Alquran, sehingga terciptanya suasana religius di tengah-tengah kehidupan masyarakat khususnya bagi generasi muda.

“Lomba Juz ‘Amma ini, merupakan tindak lanjut dari Program Hafal Juz ‘Amma bagi pelajar se-Kota Padang. Sebagaimana kita berharap, lomba ini semakin memotivasi generasi muda agar senantiasa menghafal Alquran,” harapnya.

Adapun dalam lomba tersebut kata Jamilus, panitia telah menyediakan hadiah bagi pemenang. Dimana juara I menerima uang pembinaan sebesar Rp11 juta, juara II Rp9 juta dan juara III Rp7,5 juta. Selanjutnya hadiah juga diberikan bagi terbaik harapan I, harapan II dan harapan III. (L/R07/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Septia Eka Putri

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.