Sebanyak 52 Santri Tanah Datar Mampu Hafal Al-Quran Hingga Tiga Juz

Tanah Datar, Sumatera Barat, MINA – Program tahfizh atau hafalan Al-Quran merupakan salah satu program unggulan Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat, dalam mencetak generasi muda Islami. Di ‘Luhak Nan Tuo’ akan mudah ditemui generasi muda yang hafal Al-Quran, terkhusus pada rumah-rumah tahfizh.

Tidak hanya bagi anak-anak, namun orang tua santri di rumah tahfizh juga sudah diharuskan membaca hingga menghafal Al-Quran.

Seperti yang dilakukan Rumah Tahfizh Al-Quran Fisabilillah Kota Batusangkar. Sebanyak 52 orang santrinya dan 8 orang tua santri saat ini telah hafal Al-Quran hingga beberapa juz, mulai dari 3 juz hingga 6 juz. Mereka pun berhak untuk diwisuda tahfizh.

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi mengatakan, salah satu cara untuk menciptakan anak yang cerdas dan berakhlak mulia, yaitu dengan mengembangkan program tahfizh terhadap anak-anak, demikian laporan InfoPublik.

Awal tahun 2016 lalu, Tanah Datar hanya punya enam rumah tahfizh, salah satunya Rumah Tahfizh Fisabilillah. Melihat perkembangannya yang semakin baik maka pada tahun itu juga dicanangkan Kabupaten Tanah Datar sebagai Kabupaten Tahfizh.

“Tiga tahun berjalan hingga saat ini dengan tekat yang kuat, kita Tanah Datar sudah memiliki 121 rumah tahfizh dan sebahagian sudah kita bina melalui pemerintah daerah,” ucap Bupati di Batusangkar, Senin (10/9).

Bagi anak-anak hafizh dengan batas yang ditentukan, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar juga memberikan keistimewaan dengan tidak memberlakukan zona sekolah favorit yang ingin mereka masuki.

Bonus studi banding ke luar negeri, bebas masuk kuliah ke perguruan tinggi negeri bahkan hadiah umrah dari pemerintah daerah serta donatur pun disiapkan bagi mereka para hafizh. (R/R01/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)