Sebanyak 73 Perguruan Tinggi Disiapkan Sebagai Tempat SBMPTN 2019

Jakarta, MINA – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi () 2019 sudah disiapkan di 73 titik seluruh Indonesia. Sebanyak 73 Perguruan Tinggi ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) bagi para pendaftar.

“Dari 73 titik tersebut, bukan berarti hanya 73 tempat, tapi 73 titik ini bisa bertambah dengan SMA-SMA yang ada di sekitarnya. Contoh seperti Institut Pertanian Bogor (IPB), selain di Kampus IPB juga di SMA-SMA sekitarnya,” kata Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi () di Jakarta, Jumat (15/3).

Karena di Bogor hanya satu-satunya IPB, tambah Ismunandar, maka selain di Kampus juga diadakan di SMA-SMA di dekatnya yang menjadi tempat untuk diselenggarakannya UTKB tersebut.

Menurutnya, saat ini ujian gelombang pertama sedang berjalan, nanti setelah gelombang pertama selesai, maka akan dilanjutkan untuk gelombang yang kedua.

“Jadi pendaftar boleh ikut dua kali ujian, yaitu ujian pada gelombang pertama sekali, kemudian gelombang kedua juga sekali. Tidak boleh gelombang petama itu ikut ujian dua kali. Nanti kalau sudah kita buka gelombang kedua, baru dia boleh daftar lagi,” terang Ismunandar.

Seperti diketahui, pendaftaran UTBK gelombang pertama mulai tanggal 1 Maret hingga 24 Maret 2019, dan gelombang kedua mulai tanggal 25 Maret hingga 1 April 2019. (R/R09/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.