Sebanyak 74 Mayat Pengungsi Terdampar di Pantai Zawiya

Kelompok bantuan Bulan Sabit Merah membariskan jenazah 74 yang terdampar ti pantai kota Zawiya, Selasa, 21 Februari 2017. (Foto: IFRC/Twitter)

 

Zawiya, Libya, 23 Jumadil Awwal 1438/21 Februari 2017 (MINA) – Bulan Sabit Merah Libya mengatakan bahwa 74 mayat pengungsi terdampar di kota barat Zawiya di Laut Mediterania.

Juru bicara organisasi bantuan itu, Mohammed Al-Misrati mengatakan bahwa mayat-mayat terdampar pada Selasa (21/2) pagi, demikian Al Jazeera memberitakan yang dikutip MINA.

Foto-foto yang diunggah di akun Twitter menunjukkan puluhan mayat berada di dalam kantong jenazah putih dan hitam, dibariskan di sepanjang pantai.

Misrati juga mengatakan bahwa pihak berwenang setempat mengambil mayat-mayat itu untuk dimakamkan di ibukota, Tripoli, di maam yang dialokasikan untuk orang tak dikenal.

Awal bulan ini, para pemimpin Uni Eropa menyetujui rencana baru yang kontroversial untuk membantu membendung aliran pengungsi dari negara-negara Afrika Utara.

Dalam rencana baru itu, Uni Eropa akan memberikan pemerintah Libya bantuan dana untuk meningkatkan upaya keamanan pantai menghentikan kapal pengungsi yang akan mengarungi laut, dan mematahkan bisnis pedagang manusia yang telah membantu 181.000 pengungsi memasuki Uni Eropa melalui Libya dan Italia tahun lalu.

Pengumuman itu menuai reaksi dari kelompok hak asasi manusia yang mengatakan rencana tersebut berisiko terjadi pelanggaran terhadap kemanusiaan.

Kematian migran telah naik ke tingkat rekor sepanjang penyelundupan rute Libya-Italia yang menyeberangi Laut Mediterania.

Belum termasuk 74 mayat yang ditemukan terbaru, menurut PBB, diperkirakan 230 orang telah meninggal dalam perjalanan ke Eropa sejak awal 2017.

Sementara sepanjang tahun 2016, lebih dari 4.500 orang yang tewas karena berusaha menyeberangi Laut Mediterania. (T/RI-1/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.