SEMBILAN JAMAAH KORBAN JATUHNYA CRANE SUDAH DIMAKAMKAN

Foto: Kemenag
Foto:

, 3 Dzulhijjah 1436/17 September 2015 (MINA) – Dari sebelas korban jatuhnya crane yang sudah diidentifikasi Panitia Penyelenggara Ibadah (PPIH) Arab Saudi 1436H/2015M, sembilan korban wafat sudah dimakamkan di Arab Saudi.

“Update informasi seputar korban robohnya Crane di Masjidil Haram, sembilan jamaah wafat sudah dimakamkan,” demikian dikatakan Kepala Daker Makkah Arsyad Hidayat dalam kesempatan jumpa pers di Daker Makkah, Jumat (18/09). Sebagaimana siaran pers resmi Kemenag yang diterima  Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Menurutnya, kesembilan korban dimaksud adalah Iti Rasti Darmini, Masnauli Sijuadil Hasibuan, Nurhayati Rasad Usman, Ferry Mauluddin Arifin Dulhai, Adang Joppy Lili, Sriyana Marjo Sihono, Masadi Saiman Tarimin, Siti Rukayah Abdus Somad Dasimon, dan Darwis Rahim Cogge. Adapun dua jamaah yang proses pemakamannya masih diurus oleh PPIH Arab Saudi adalah Painem Dalio Abdullah, dan Saparini Baharuddin Abdullah.

Selain jamaah wafat, peristiwa robohnya crane di Masjidil Haram juga melukai 42 jamaah haji Indonesia. Sampai dengan saat ini, menurut Arsyad, sembilan belas jamaah luka masih dirawat  di Rumah Sakit Arab Saudi, sedang 23 lainnya sudah kembali ke pemondokan masing-masing.

“Masa pemberangkatan jamaah haji Indonesia ke Tanah Suci sudah berakhir. Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah sudah ditutup untuk kedatangan jamaah haji,” kata Arsyad Hidayat

Arsyad Hhidayat menjelaskan bahwa berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT), 154.454 jamaah  sudah diberangkatkan dari Tanah Air ke Makkah dalam 381 Kloter.

“153.187 jamaah haji Indonesia atau 375 kloter sudah berada di Makkah. Masih ada 6 kloter yang sedang dalam perjalanan menuju Makkah,” ujar Arsyad.

Menurutnya, total jamaah wafat, baik di Makkah maupun Madinah sampai dengan hari ini berjumlah 102 orang, termasuk 11 orang yang menjadi korban crane dan 2 orang jamaah haji khusus.

Menjelang puncak haji, pihaknya menghimbau jamaah untuk menjaga kesehatan, tidak keluar rumah kecuali untuk kepentingan mendesak, dan beristirahat. (T/P010/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0