Sebulan Pasca Erupsi Semeru, Sukarelawan Hilmi Masih Bantu Warga

, MINA – Genap satu bulan pasca pada Sabtu (4/12). Puluhan anggota relawan nasional dari PRI HILMI Front Persaudaraan Islam (FPI) masih bertahan di lokasi erupsi gunung Semeru Posko utama di Desa Supiturang, Lumajang, Jawa Timur.

Habib Migbill Husein Assegaf, Ketua Koordinator Relawan dan Lapangan Posko Induk Supiturang dalam keterangan tertulis, Ahad (9/1), mengatakan, sekitar 40 relawan FPI datang dari berbagai daerah masih terus melakukan bakti sosial.

Katanya,  para relawan Hilmi membagikan Sembako. melakukan pembersihan dan perbaikan jalan, kemudian memperbaiki dan membersihkan rumah-rumah warga yang rusak akibat dari material abu vulkanik.

“Kami sudah menyelesaikan pembersihan 4 rumah serta menguras 2 sumur milik warga, membangun 2 MCK untuk madrasah dan fasilitas umum, merenovasi rumah warga yang terdampak di alamat RT 008/RW 003 di Dusun Gumukmas, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur,” ujarnya.

Alhamdulillah, sudah terhitung 32 hari kita tinggal di Lumajang, atas izin Allah kita diberi kesempatan membantu saudara kita di kaki Gunung Semeru Lumajang”, kata Habib Migbill.

Adapun logistik yang sudah disalurkan oleh Relawan Hilmi untuk warga seputar Semeru antara lain: Pertama, menyalurkan selimut, makanan siap santab, roti, snack dan makanan lainnya dari sumbangan para donatur.

Kedua, Menyalurkan secara rutin minim 200 paket sembako perhari. Hingga sebulan pasca erupsi, sudah lebih dari 3.000 paket sembako telah disalurkan.
Ketiga, melakukan pembersihan jalan dengan pengerukan debu di jalan.

Keempat, pembersihan 82 Rumah terdampak. Kelima, pembersihan 2 masjid. Keenam, pembersihan 3 Mushola. Ketujuh, pembersihan 3 madrasah. Kedelapan, pengerjaan proyek renovasi rumah warga terdampak sejumlah 14 Rumah.

Kesembilan, menguras 17 sumur warga korban terdampak yang tergenang lumpur hingga sumur bersih
Kesepuluh, memberikan bantuan tunai langsung tunai ( BLT ) untuk 194 warga terdampak. Kesebelas, pengurukan Jalan Longsor ( 100M ). Ke-12, pembukaan potal dengan posko induk sejumlah 3 Posko. Ke-13, menyalurkan 29 amplop khusus anak-anak. (L/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.