Sedikitnya 21 Tewas, 89 Terluka dalam Insiden Tabrakan Kereta di Pakistan

Sadiqabad, Pakistan, MINA – Setidaknya 21 orang tewas dan 89 lainnya luka-luka, banyak di antaranya serius, dalam tabrakan antara dua kereta api di Pakistan timur laut pada Kamis (11/7) pagi, pejabat dan media setempat melaporkan.

Kecelakaan itu, yang terbaru dari serangkaian insiden serupa, terjadi di distrik Sadiqabad di Punjab – sekitar 543 kilometer (337 mil) dari ibu kota provinsi Lahore – ketika sebuah kereta penumpang bertabrakan dengan kereta barang yang diparkir di jalur paralel, Wakil Komisaris Sadiqabad Jamil Ahmad mengatakan kepada wartawan.

Korban meninggal dan terluka termasuk wanita dan anak-anak, Ahmad menambahkan, seperti dilansir Daily Sabah, Jumat.

Personel tentara dan polisi hutan bergabung dalam operasi tanggap insiden, yang berlangsung selama 10 jam setelah kejadian.

Menteri Perkeretaapian Shaikh Rasheed Ahmad mengatakan kepada wartawan bahwa penyelidikan telah diluncurkan untuk kecelakaan itu.

Rekaman amatir di Geo TV setempat menunjukkan pekerja penyelamat memindahkan mayat dan yang terluka ke ambulans, yang membawa mereka ke rumah sakit.

Puluhan penumpang panik yang tidak terluka terlihat duduk di kedua sisi lintasan ketika regu penyelamat yang didukung oleh alat berat mencoba untuk menghilangkan puing-puing dari lokasi kecelakaan.

Kepala Kepolisian Kota Umer Farooq mengatakan kepada wartawan insiden itu tampaknya merupakan akibat dari kesalahan sinyal ketika pengemudi kereta penumpang tiba-tiba berganti jalur dan menabrak kereta barang yang diparkir.

Perdana Menteri Imran Khan menyatakan simpati kepada keluarga para korban dan memerintahkan penyelidikan atas insiden tersebut.

“Sedih mengetahui kecelakaan kereta api di Sadiqabad. Belasungkawa saya kepada keluarga para korban dan doa untuk pemulihan yang cepat orang yang terluka. Telah meminta Menteri Perkeretaapian untuk mengambil langkah-langkah darurat untuk melawan dekade pengabaian infrastruktur kereta api & memastikan standar keselamatan,”Khan mengatakan dalam tweet.

Dalam kecelakaan Kamis pagi lainnya, 13 orang tewas dan beberapa lainnya cedera ketika sebuah bus penumpang terbalik di Attock, Punjab, Geo News melaporkan.

Pakistan memiliki sejarah panjang kecelakaan kereta api dan jalan, terutama karena infrastruktur yang buruk dan kurangnya standar keselamatan. (T/R11/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)