Sejarawan Kanada: Israel itu Pelaku, Berhentilah Seolah jadi Korban

Montreal, Kanada, MINA – Yakov Rabkin, seorang profesor sejarah di Universitas Montreal di Kanada mengatakan, adalah pelaku yang lebih mempunyai kekuatan dalam perselisihan dengan dan harus berhenti bermain-main seolah menjadi korban.

“Pesan saya kepada pihak yang lebih kuat, yaitu Israel,  mereka harus merevisi narasi mereka,” ujar Rabkin,  dalam sebuah wawancara kepada Anadolu Agency, Jumat (14/5). 

“Jadi Israel itu untuk pihak yang kuat. Saya berkata berhenti berpikir bahwa Anda adalah korban. Anda bukan korban dalam kasus ini. Anda adalah pelakunya,” kata Rabkin.

Profesor itu selanjutnya mengatakan Israel wajib berperilaku sesuai dengan hukum internasional.

“Ada senjata militer yang sangat canggih yang menyerang penduduk sipil. Saya pikir itu memenuhi syarat untuk dinyatakan sebagai kejahatan perang,” kata Rabkin.

Dia juga menolak penggunaan istilah “konflik” untuk menggambarkan kekerasan antara Israel dan Palestina, dengan mengatakan itu tidak berlaku karena Israel memiliki kekuatan yang tidak proporsional.

“Karena kita pada dasarnya berbicara tentang penduduk sipil yang menghadapi salah satu senjata militer paling canggih di kawasan ini, yang paling canggih, tanpa merasa melakukan pelanggaran apa pun,” kata Rabkin.

Protes terhadap penggusuran warga Palestina yang direncanakan di lingkungan Sheikh Jarrah di Yerusalem Timur berubah menjadi kekerasan setelah penggunaan kekuatan yang tidak proporsional oleh pasukan Pendudukan Israel yang menyebabkan sejumlah orang terluka pada Jumat dan Senin lalu, termasuk wartawan.

Situasi meningkat sejak tentara Israel mulai melakukan serangan udara di Jalur Gaza pada hari Senin (10/5).

Setidaknya 109 warga Palestina telah tewas, termasuk 28 anak-anak dan 15 wanita, sementara 621 lainnya terluka, menurut otoritas kesehatan Palestina.

‘Netanyahu mendapat manfaat dari polarisasi

Profesor itu juga mengatakan bahwa banyak politisi “menggunakan perang, situasi seperti perang” untuk menyelamatkan diri mereka.

“Saya tidak bisa menjadi Perdana Menteri [Israel] [Benjamin] Netanyahu. Saya tidak tahu mengapa dia memberi perintah ini, tetapi jelas itu tidak menyakitinya. Jelas, dia mendapat manfaat dari polarisasi dalam masyarakat Israel, dan tentu saja permusuhan semacam ini meningkatkan polarisasi, yang kita lihat bahkan di jalan-jalan Israel,” tambahnya.

Beralih ke kebijakan lama Amerika dalam melindungi Israel dari kritik dan kecaman internasional di PBB, Rabkin berkata: “Ada konsensus tak terucapkan bahwa Israel harus menikmati impunitas yang luar biasa.”

“Dan apa yang dilakukan Israel, di satu sisi, tidak jauh berbeda dari apa yang telah dilakukan Amerika Serikat di berbagai belahan dunia, jadi ada kesamaan tertentu. Saya tidak akan menyalahkan [Presiden AS Joe] Biden atau pemerintahannya. Mereka mengikuti jejak semua pemerintahan sebelumnya,” tambahnya. (T/R7/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.