Sejumlah 1,3 Juta Siswa Turkiye Kembali ke Sekolah Usai Gempa

Ankara, MINA – Lebih dari 1,3 juta siswa di provinsi Gaziantep, Adana, dan Osmaniye yang dilanda Turkiye kembali ke sekolah mulai Senin (13/3/2023).

Sebanyak 662.500 siswa di Gaziantep, 497.850 di Adana, dan 137.760 siswa di Osmaniye melanjutkan pelajaran setelah renovasi dan perbaikan di gedung sekolah mereka. Anadolu Agency melaporkan.

Para siswa memasuki ruang kelas setelah hening sejenak dan menyanyikan lagu kebangsaan Turki.

Pendidikan di sekolah dimulai kembali setelah mendapat izin dari Kementerian Lingkungan Hidup, Urbanisasi dan Perubahan Iklim.

Sementara itu, persiapan untuk melanjutkan kelas di provinsi Adiyaman, Malatya, Kahramanmaras dan Hatay,terus berlanjut.Diperkirakan di wilayah tersebut sekolah akan dimulai pada 27 Maret.

Lebih dari 13 juta orang terkena dampak gempa kuat yang mengguncang 11 provinsi Turki. Ke -11 provinsi itu terdiri dari Kahramanmaras, Adana, Adiyaman, Diyarbakir, Gaziantep, Hatay, Kilis, Malatya, Osmaniye, Elazig, dan Sanliurfa.

Banyak gedung sekolah yang tidak terdampak gempa belum bisa digunakan, karena dipakai untuk tempat penampungan darurat korban gempa. (T/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)