Selama Ramadhan, Baznas Pusat Himpun Zakat Sebesar Rp50 Milyar

Jakarta, 7 Syawwal 1437/Juli 12 2016 (MINA) – Selama bulan Ramadhan 1437 Hijriyah ini, Badan Amil Nasional () Pusat berhasil mengumpulkan Zakat, , Shadaqah sebesar Rp50 Milyar. Meningkat sebesar 48% dari tahun sebelumnya, sedangkan penghitungan perolehan zakat nasional akan dilakukan Jumat mendatang.

“Pertumbuhan penghimpunan zakat sebanyak 48% adalah lebih tinggi dari peningkatan ekonomi Indonesia sebesar 6%. Tapi jika dikaitkan dengan peningkatan middle class Muslim sebesar 40% maka ada kemungkinan zakat dipengaruhi kenaikan kelas menengah baru Muslim itu,” ujar Direktur Baznas, kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Selasa, (12/7) malam.

Selain itu, peningkatan perolehan tersebut juga dikarenakan Baznas yang tidak hentinya mengkampanyekan program-program pemberdayaan zakat, guna sadarkan masyarakat untuk saling membantu sesama demi kesejahteraan rakyat Indonesia dan umat Muslim terlebih khususnya.

“Program-program pemberdayaan zakat yang dilakukan Baznas mendapat respon yang baik dari masyarakat karena dianggap memberi torobosan, inovatif dan memberi multiplier efect yang besar. Kampenye zakat mendorong kesadaran masyarakat makin tinggi dalam berzakat,” kata Arifin.

Dana yang terkumpul akan disalurkan ke beberapa sektor sosial, di antaranya dalam bidang pendidikan, dana akan disalurkan ke sekolah-sekolah atau para pelajar yang sangat membutuhkan bantuan, selain itu di bidang kesehatan, juga bantuan bencana alam dan lain-lain. Dalam sektor ekonomi, Baznas juga memberikan pelatihan, modal kerja atau dagang beserta pendampingan.

Program yang dilakukan Baznas antara lain zakat digital berbasis aplikasi android maupun website. Bekerja sama dengan salah satu situs belanja online, dan situs Penggalang Dana Indonesia. Arifin menambahkan, alasan mengapa Baznas menggunakan porgram berbasis online dikarenakan tuntutan zaman dan kemajuan teknologi yang memudahkan masyarakat.

“Baznas ingin melayani masyarakat lebih baik, juga berzakat dan berinfak dengan lebih mudah. Teknologi yang kita pakai untuk memberikan kemudahan dalam bersadaqah juga termasuk ibadah,” katanya.

Bulan Ramadhan tahun ini, Baznas juga membuka gerai di pusat pembelanjaan yang menjual barang-barang kesayangan selebriti tanah air untuk dijual kembali, gerai tersebut dinamakan “BAZNAS Charity Store”. Dari hasil penjualan tersebut sepenuhnya didonasikan kepada yang membutuhkan. (L/M09/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.