Serangan Udara AS Bantu Pasukan Oposisi Suriah Kuasai Manbij 70 Persen

Gaziantep, 27 Syawwal 1437/1 Agustus 2016 (MINA) – Dukungan serangan udara Amerika Serikat (AS) membantu pasukan oposisi moderat berhasil menguasai 70 persen , setelah kota itu dikendalikan oleh kelompok Islamic State (ISIS/Daesh). Manbij terletak di dekat perbatasan dengan Turki.

Juru bicara Pasukan Demokrasi Suriah () Sharfan Darwis mengatakan, SDF yang dibantu dukungan AS berhasil memojokkan para militan ISIS dengan merebut sebagian besar bagian timur, barat, dan selatan kota.

Mohammed Jamjoom Al Jazeera melaporkan dari Gaziantep, Turki, yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), pasukan SDF semakin menguasai Manbij.

Namun Jamjoom mengatakan, masih ada ribuan warga yang terjebak di daerah yang masih dikuasai oleh ISIS.

“Dan ada banyak kekhawatiran tentang serangan udara koalisi yang bisa menimbulkan korban sipil di masa yang akan datang,” katanya.

Observatorium Suriah untuk HAM melaporkan pada Ahad (31/7), setidaknya 2.300 warga sipil menyelamatkan diri dari kota dalam waktu 24 jam.

SDF yang didukung AS, mencakup kelompok bersenjata Kurdi dan sekutu Arab. Mereka melancarkan operasi untuk mengambil alih Manbij dari kendali ISIS. (T/P001/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.