SERANGAN UDARA AS BUNUH KOMANDAN ISIS AFGHANISTAN

Kabul, 24 Ramadhan 1436/12 Juli 2015 (MINA) – Seorang komandan senior kelompok Islamic State () dinyatakan tewas oleh serangan udara Amerika Serikat (AS) di Timur, sehingga menjadikan tiga pemimpin ISIS ditewaskan dalam sepekan terakhir di negara itu

Direktorat Keamanan Nasional Afghanistan (NDS) mengatakan, Hafez Saeed adalah pemimpin ISIS di “negara Khorasan”, nama wilayah sebutan ISIS yang mengacu pada istilah lama untuk Afghanistan dan Pakistan, ARA News yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) Ahad.

Saeed adalah anggota tingkat tinggi keempat kelompok pejuang yang menjadi target di daerah itu dalam sepekan terakhir.

Menurut NDS, Saeed tewas bersama 30 pejuang lainnya, karena ketika serangan terjadi mereka berkumpul di distrik Achin, provinsi Nangarhar, Jumat (10/7). Namun pengumuman itu tidak memberikan rincian lebih jauh tentang serangan udara tersebut.

Saeed adalah seorang warga Pakistan, bagian dari sedikit pejuang senior Taliban yang telah beralih kesetiaan kepada ISIS di Afghanistan.

Serangan telah menewaskan tiga komandan ISIS lainnya di daerah yang sama dalam sepekan terakhir, termasuk Shahidullah Shahid dan Gul Zaman.

Setelah memaksa keluar gerilyawan Taliban, pejuang ISIS dalam dua bulan terakhir menguat di beberapa distrik di provinsi Nangarhar yang berbagi perbatasan yang panjang dan daerah tanpa hukum di Pakistan.

Achin jatuh ke dalam kontrol ISIS sebulan lalu setelah bentrok hebat dengan Taliban. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0