SERANGAN UDARA DI PASAR SURIAH TIMBULKAN RATUSAN KORBAN

Seorang bocah Suriah berlari di lokasi pasar setelah serangan udara terjadi. (Foto: Firas Abdullah/Al Jazeera)
Seorang bocah berlari di lokasi pasar setelah terjadi. (Foto: Firas Abdullah/Al Jazeera)

Damaskus, 2 Dzulqa’dah 1436/17 Agustus 2015 (MINA) – Serangan udara rezim Suriah di sebuah pasar kota Douma setidaknya menewaskan 110 orang dan 300 lebih terluka.

Lembaga pemantau Observatorium Suriah untuk HAM yang berbasis di Inggris mengatakan pada Ahad (16/8), korban tewas yang kebanyakan warga sipil dan  kemungkinan jumlah korban akan meningkat karena cedera yang serius.

Sementara pertahanan sipil di kota yang dikuasai oposisi di dekat Damakus itu menyebutkan, korban tewas sekitar 100 orang.

Firas Abdullah, seorang fotografer lokal di Douma, mengatakan kepada Al Jazeera yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), itu adalah pasar utama di kota.

“Pasar selalu penuh sesak dengan orang-orang yang membeli dan menjual untuk mencari nafkah,” katanya.

Serangan itu adalah yang kedua dalam sepekan. Pada Rabu sebelumnya, serangan udara di daerah itu menewaskan sedikitnya 27 orang.

Rami Abdelrahman anggota Observatorium mengatakan, penduduk setempat berkumpul di lokasi setelah serangan pertama untuk membantu mengevakuasi korban luka ketika serangan susulan menghantam.

Sebuah video diposting online oleh para aktivis setelah serangan, menunjukkan persimpangan berserakan dengan puing-puing dan logam yang bengkok.

Bagian depan beberapa bangunan di dekatnya tampak hancur oleh daya ledakan, dan beberapa kendaraan terbalik dan penyok di tengah reruntuhan. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.