Serangan Udara Koalisi Arab Saudi Bunuh Puluhan Warga Yaman

Peta Yaman: siapa yang menugasai apa. (Gambar: Al Jazeera)

Saada, 24 Ramadhan 1438/19 Juni 2017 (MINA) – Serangan udara koalisi pimpinan Arab Saudi di provinsi Saada, sedikitnya membunuh 25 warga sipil Yaman.

Direktur Departemen Kesehatan di Saada mengatakan, pesawat tersebut melakukan dua serangan di pasar Al-Mashnaq di distrik Shada dekat dengan perbatasan Arab Saudi, hari Sabtu (17/6).

“Tim penyelamat tidak dapat mencapai daerah itu untuk beberapa lama, karena takut terkena tembakan artileri di daerah tersebut,” kata Dr Abdelilah Al-Azzi, Ahad (18/7). Demikian Al Jazeera memberitakan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Beberapa situs berita daring di Yaman mempublikasikan laporan serupa mengenai pengeboman di Saada, yang berada tepat di sepanjang perbatasan Saudi.

Belum ada komentar dari pejabat yang memerangi milisi Houthi di Yaman.

Koalisi sudah melakukan serangan udara di negara itu lebih dari dua tahun demi mendukung pemerintahan Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi.

Sejak saat itu, negara tersebut terjun ke dalam perang saudara.

Bulan Maret, sebuah serangan udara koalisi juga membunuh 22 orang dan melukai puluhan lainnya saat menyerang sebuah pasar di Yaman barat di dekat kota nelayan Laut Merah, Khoukha.

Serangan itu karena Khoukha dan kota terdekat Hodeidah dikendalikan oleh Huthi yang menguasai ibu kota Sanaa pada tahun 2014.

Pasukan Houthi telah bersekutu dengan pasukan yang setia kepada mantan Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh.

telah menewaskan lebih dari 10.000 orang, menciptakan pengungsi sekitar tiga juta dan menghancurkan sebagian besar infrastruktur negara miskin tersebut. (T/RI-1/RS1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.