SERANGAN UDARA KOALISI ARAB SAUDI TIMBULKAN KEKHAWATIRAN BANYAK PIHAK

(Foto: HRW)
(Foto: )

Sanaa, 17 Jumadil Akhir 1436/6 April 2015 (MINA) – Serangan udara yang dilakukan koalisi pimpinan menyerbu Yaman Utara pada 30 Maret 2015 lalu.

Peristiwa itu memunculkan keprihatinan serius tentang pelanggaran , demikian menurut laporan awal dari Human Rights Watch (HRW) yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Senin (6/4).

HRW menyatakan, serangan udara telah menewaskan sedikitnya 29 warga sipil dan melukai 41 lainnya, termasuk 14 anak-anak dan 11 wanita. Koalisi menyerbu fasilitas medis di kamp, ​​pasar lokal, dan jembatan.

“Semua pasukan pemerintah yang berpartisipasi dalam serangan itu harus memihak dalam menyelidiki apakah ada pelanggaran hukum perang dan mengambil tindakan yang tepat,” demikian bunyi laporan itu.

Amerika Serikat, yang memberikan fasilitas intelijennya untuk kampanye udara yang dimpin Arab Saudi, berbagi kewajiban untuk meminimalkan kerugian bagi warga sipil dan fasilitas umum dalam pertempuran.

“Kematian begitu banyak warga sipil di sebuah kamp tanpa target militer yang jelas dan memperburuk situasi serta mengakibatkan kekhawatiran tentang pelanggaran hukum perang,” kata Joe Stork, Direktur HRW sekaligus wakil di Timur Tengah dan Afrika Utara.

“Semua pihak dalam konflik Yaman perlu melakukan apa yang mereka bisa untuk menghindari dari merugikan warga sipil,” imbuhnya.

Pada 30 Maret lalu, beberapa pesawat tempur berkebangsaan tak dikenal menyerang beberapa situs di salah satu dari tiga kamp untuk pengungsi internal (IDP) di Mazraq, Yaman Utara, sekitar enam kilometer dari perbatasan dengan Arab Saudi.

Khaled Mareh, salah satu pembina kamp ​​mengatakan kepada Human Rights Watch, pada pukul 10:50 waktu setempat, saat ia tengah berdiri di gerbang kamp, ​​ledakan terdengar sangat keras.

“Saya pertama kali mendengar suara pesawat yang jauh, kemudian terdengar ledakan yang memekakkan telinga . Aku melihat bagian tubuh yang terpencar di depan saya, tubuh hangus, tenda robek, dan sejumlah besar pecahan peluru yang melanda gerbang serta menghanguskan mobil,” katanya.

“Aku melihat ledakan kedua menghantam bagian dari kamp sekitar 500 meter, yang membunuh beberapa anak dari kamp yang sedang berjalan ke sekolah. Dari kejauhan, ia melihat ledakan ketiga di gerbang barat kamp, ​​dan yang keempat yang melanda pasar,” imbuhnya.

Sementara Koordinator Kemanusiaan PBB di Yaman, Johannes Van Der Klaauw, menyatakan pada 31 Maret lalu, semua infrastruktur yang hancur merupakan infrastruktur sipil.

Reuters melaporkan, seorang pekerja bantuan mengatakan bahwa pesawat tempur telah menghantam sebuah truk di pintu gerbang salah satu kamp yang membawa pejuang dari Ansharullah, sayap bersenjata Houthi.

Lebih lanjut, beberapa pekerja bantuan percaya serangan itu menargetkan basis terdekat bagi para pejuang Houthi. Bahkan jika beberapa pejuang Houthi atau truk militer yang hadir di kamp, ​​serangan itu masih mungkin melanggar hukum tanpa pandang bulu atau tidak proporsional, kata Human Rights Watch kepada The Guardian.

Mareh, manajer kamp, ​​mengatakan, Ansharullah memiliki kantor keamanan di kamp, ​​dekat pasar, tetapi itu sudah kosong selama tiga hari, sejak penjaga tersisa ikut bergabung dengan operasi militer di perbatasan.

“Aku tidak mendengar artileri atau kebakaran lain di daerah sebelum serangan, dan otoritas kamp tidak pernah mengizinkan orang bersenjata memasuki kamp, ​​termasuk pagi itu,” katanya.

“Setelah serangan itu, lebih dari 400 warga mengungsi kamp mencari perlindungan di tempat lain,” imbuh Mareh.

Di lain pihak, tak ada satu pun dari negara-negara yang berpartisipasi dalam koalisi memberikan konfirmasi terkait serangan di kamp-kamp adalah sasaran militer yang sah.

Ketika ditanya tentang serangan itu, seorang pejabat militer Saudi, Brigjen Ahmad al-Assiri, mengatakan, “Itu bisa saja jet tempur menjawab serangan, dan kami tidak dapat memastikan itu adalah sebuah kamp pengungsi,” katanya.

Pada Januari 2015 lalu, Houthi menggulingkan pemerintahan Presiden Abdu Rabu Mansour Hadi. Serangan udara dari koalisi pimpinan Arab Saudi yang dimulai pada 26 Maret, menewaskan sedikitnya 11 warga sipil dan sekitar 34 lainnya di Sanaa pada hari pertama.

Saudi dan pesawat lainnya juga menyerang sasaran di kota-kota lain, termasuk Saada, Hodaida, Taiz, Lahj, al-Dale’a, dan Aden. Pada 29 Maret, para pejabat dari Kementerian Kesehatan Ansharullah yang mengendalikan pusat pemerintahan di Yaman mengatakan, korban tewas sipil sebelumnya mencapai 35 jiwa.

Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Kuwait, Bahrain, Qatar, Yordania, Maroko, dan Sudan mengatakan, pesawat tempur mereka berpartisipasi dalam serangan udara. Pakistan dan Mesir mengatakan mereka memberikan dukungan dengan angkatan laut. Amerika Serikat telah mengkonfirmasi dukungan dengan intelijen dan memberikan bantuan penargetan serta dukungan logistik, termasuk pengisian bahan bakar udara pesawat tempur. (T/P011/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0